Ombudsman RI Perwakilan Aceh : UNBK Di Aceh Terkesan Dipaksakan

  • Whatsapp
Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh, Dr. Taqwaddin Husin

MITRAPOL.com, Banda Aceh – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Aceh sabagai pengawas eksternal, menemukan beberapa kejanggalan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Ajaran 2019 yang saat ini sedang berlangsung.

Temuan Ombudsman tersebut diantaranya ketidaktersedian komputer serta jaringan internet disekolah-sekolah yang sedang melaksanakan ujian, hingga pelanggaran aturan yang sudah ditetapkan.

Hal itu diungkapkan Tim Ombudsman usai melakukan pengawasan di salah satu sekolah di kabupaten Aceh Jaya pada Senin (1/4/2019) lalu, kepada Mitrapol, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh, Dr. Taqwaddin Husin menyebutkan bahwa timnya telah menemukan adanya sekolah yang terkoneksi jaringan internet dalam pelaksanaan ujian nasional.

“Masih ada sekolah-sekolah di provinsi Aceh yang belum memiliki komputer, khususnya sekolah-sekolah yang terletak di pedalaman, akibatnya siswa-siswi peserta ujian harus menumpang UNBK ke sekolah lain,” ungkapnya saat diwawancarai Mitrapol di Banda Aceh, Kamis (4/4/2017).

Pihaknya meyakini, hingga saat ini masih banyak sekolah yang bernasib sama di kabupaten-kabupaten lainnya di Aceh, sehingga kebijakan pelaksanaan UNBK terkesan dipaksakan, tidak hanya itu tim Ombudsman juga menemukan adanya pelanggaran aturan lainnya, seperti adanya pejabat yang masuk ruang ujian ketika ujian sedang berlangsung, sedangkan pada pengumuman sudah dicantumkan selain pengawas dan proktor dilarang masuk, kami mengkhawatirkan hal ini dapat mengganggu konsentrasi peserta ujian,” ucap Alumni Pascasarjana Ilmu Hukum, Universitas Airlangga ini.

“Kami menyarankan agar pemerintah atau pihak yayasan sekolah swasta agar menyediakan komputer dan fasilitas internet yang memadai guna melancarkan UNBK di tahun-tahun yang akan datang,” harap alumni program Doktor Hukum Universitas Sumatera Utara ini menutup keterangan.

 

 

Safdar. S/Bukhari

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *