Pemkot Pematangsiantar canangkan tanam padi serentak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pematangsiantar – Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar melaksanakan kegiatan pencanangan tanam padi serentak, Selasa (02/04/2019). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kelurahan Naga Huta Timur, Kec. Siantar Simarimbun dilokasi kelompok Tani Rap Taruli.

Pencanangan tanam serentak ini dilakukan oleh Wakil Walikota Togar Sitorus SE MM.

Bacaan Lainnya

Dalam arahan Walikota yang disampaikan Togar Sitorus mengatakan, bahwa kebijakan pembangunan pertanian yang diprogramkan pemerintah kiranya dapat bermanfaat untuk kesejahteraan warga serta dapat berkelanjutan bagi pelaku utama dan usaha.

Sehingga dalam upaya menghadapi krisis pangan ke depan, maka diperlukan upaya memperkuat kemampuan ekonomi sektor pertanian yang berakar pada keberagaman budaya dan ekonomi serta kemampuan teknologi dan inovasi.

“Jika saat ini menghadapi tantangan seperti degradasi daya dukung lahan. Dijelaskan di tahun 2019 ini, luas lahan pertanian di Kota Siantar mencapai 1.685 Ha. Sedangkan ragam dan kompleksitas kebutuhan akan produk pertanian semakin tinggi,” ujarnya.

Untuk mendukung pencapaian swasembada pangan nasional khususnya padi, tahun 2019 Kota Pematangsiantar menargetkan menanam padi seluas 2.600 Ha. Untuk dapat mencapai target produksi, tentunya harus dilakukan intensitas penanaman dan peningkatan produktivitas pertanaman padi.

“Maka dalam rangka meningkatkan produksi, dilakukan tanam serentak pada hari ini,” katanya.

Ditambahkannya, gerakan tanam serentak merupakan program nasional. Program tersebut ditindaklanjuti Pemko Pematangsiantar melalui pencanangan tanam serentak sebagai salah upaya meningkatkan produksi padi di Kota Pematangsiantar dengan memanfaatkan penggunaan varietas unggul baru dan sistem Tanam Jajar Legowo.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematangsiantar Drs Tuahman Saragih mengatakan, manfaat gerakan tanam serentak untuk memutus rantai hama penyakit tanaman, mudah dalam pengaturan irigasi, mudah pendistribusian, efisien pengunaan alat, pemanenan, serta terjadwal bekerjasama dengan berbagai pihak, dan sebagainya.

Acara juga ditandai penyerahan bibit padi dari Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Utara Dr Khadizah El Ramijah Lubis SPI MP kepada Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus secara simbolik.

Hadir dalam pencanangan tersebut, Dandim 0207 Simalungun diwakili Danramil 03 Kapt Inf J Sidabutar SH, mewakili Bank Indonesia (BI) Perwakilan Pematangsiantar Elisabet, Kepala Bulog Sub Divre II Erlina Wita, Asisten II Pemko Pematangsiantar Zainal Siahaan SE MM, Camat Simarimbun Fidelis Sembiring SSTP, Lurah Naga Huta Timur Yeyen Sitohang, kelompok tani, dan masyarakat sekitar. (Marihot Sirait)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *