Seekor paus berukuran raksasa ditemukan mati terdampar di Pantai Timika

  • Whatsapp
Seekor ikan paus berukuran raksasa ditemukan mati terdampar di Pantai Mimika.

MITRAPOL.com, Timika – Warga Mimika digegerkan penemuan seekor ikan paus yang mati terdampar di Kampung Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika, Papua, pada Selasa (2/4/2019) lalu.

Penemuan bangkai ikan paus berukuran raksasa ini telah viral di dunia maya. Informasi awal terdamparnya ikan paus ini berasal dari masyarakat di bibir kali Kampung Timika.

Bacaan Lainnya

Atas informasi tersebut pihak kepolisian bersama pihak terkait termasuk Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) menuju lokasi tempat terdamparnya paus tersebut.

Kepala Satuan Polairud Polres Mimika, Iptu. J Limbong membenarkan penemuan bangkai ikan paus yang beratnya kurang lebih 20 Ton tersebut.

“Iya, benar ikan paus terdampar di lokasi, ikan itu kategori dewasa berjenis paus bryde, saat ini kondisinya sudah mulai membusuk,” ujar Limbong di Mapolres 32 Mimika, Kamis (04/04/2019).

Iptu Limbong menambahkan berdasarkan hasil olah TKP, berat paus itu kurang lebih 20 ton dan memiliki panjang sekitar 10 meter dengan ukuran lingkar badan lebih dari 5 meter, Dadanya berwarna putih dan diperkirakan sudah beranak.

Menurutnya berdasarkan hasil koordinasi bersama tiga unsur terkait, sehingga bangkai paus bryde itu rencananya akan ditenggelamkan ke tengah laut untuk menghindari adanya pencemaran.

“Takutnya bangkai ini meledak dan mengeluarkan gas kalau terlalu lama, sehingga kita pindahkan dari tkp awal ke pinggir pesisir laut berjarak 2 kilo meter dan nantinya akan ditarik ke tengah laut untuk di tenggelamkan”.

Hal ini semata-mata untuk menghindar dari pencemaran lingkungan dan kesehatan terhadap warga sekitarnya.

“Saat ini kondisi laut masih kurang bersahabat, sehingga kita masih menunggu apabila sudah bersahabat akan kita lakukan,” pungkas, Iptu Limbong.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab terdamparnya paus nahas tersebut dugaan sementara terbawa arus hingga terdampar. (AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *