Bupati Lebak optimis Geopark Bayah Dome bakal diakui UNESCO

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Destinasi wisata berbasis potensi wisata lokal merupakan ikhtiar Pemerintah Kabuptaen Lebak untuk dijadikan Triger atau pemantik dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lebak.

Melalui program yang digulirkan pemerintah pusat, Bupati lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya sedang berupaya agar kabupaten lebak menjadi salah satu dari 40 geoheritage yang terdapat Indonesia Enam diantaranya sudah diakui UNESCO sebagai Geopark dunia.

Bacaan Lainnya

“Saya optimis program Geopark Bayah Dome mampu terwujudkan dengan Visi menjadikan lebak sebagai destinasi wisata nasional,” kata Iti saat ditemui dikantor pemda Lebak, Kamis (4/4/2019).

Iti juga menerangkan, setelah pertemuannya bersama Menko Kemaritiman RI, telah terbangun sebuah keselarasan visi untuk memprioritaskan program Geopark untuk diwujudkan program tersebut dengan nama (Geopark Bayah Dome)

“Saya sudah mengintruksikan kepada jajaran agar segera Running melakukan penghitungan sesuai kebutuhan agar tahun ini Geopark Bayah Dome sudah diakui sebagai Geopark Nasional dan dunia pada akhirnya,” ungkap Bupati Lebak.

Staff Ahli Menteri kementerian Koordinator bidang kemaritiman Sugeng Santoso mengatakan bahwa kabupaten lebak memiliki potensi besar untuk dikembangkan melalui sektor pariwisata melaluli program Geopark.

“Kedepannya sektor pariwisata bakal memicu pertumbuhan ekonomi kreatif dan bisa berkontribusi pada perekonomian daerah,” pungkas Sugeng

Geopark atau Taman bumi adalah konsep pengembangan kawasan secara Continue/berkelanjutan dengan memadukan tiga keragaman alam geologi seperti Geodi Vercity keragaman hayati, BiodiVersity keragaman budaya dan Cultural diVercity pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis pariwisata lokal dan diketahui nama Geopark Bayah Dome mengacu pada struktur geologi wilayah kabupaten lebak menyerupi kubah dengan pucuk mahkotanya berada di kecamatan Bayah khususnya di daerah Sawarna. (Ubay)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *