Jelang hari jadi, Bupati dan Forkopimda Ziarah makam para pendiri kota Batang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jateng – Ziarah dan tabur bunga di makam Kanjeng Pangeran Adipati ( KPA ) Mandurorejo di Dukuh Protowetan Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal merupakan agenda tahunan guna memperingati hari jadi Kabupaten Batang Ke-53, pada tanggal 8 April mendatang.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga diikuti puluhan pejabat dilingkungan Pemda Kabupaten Batang berkumpul di rumah Dinas Bupati Batang, dengan pengawalan dari Satlantas Polres Batang dan beriringan menuju ke makam Kyai Mandirorejo Kaliwungu Kabupaten Kendal. Jumat (5/04/19).

Dijadwalkan ada 9 tokoh yang di ziarahi. Lokasi pertama yang di ziarahi adalah makam Bupati Batang pertama Ki Mandurorejo yang berada di Kaliwungu Kendal.

Tampak dalam kegiatan, Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Suyono, Dandim 0736/Batang diwakili Kasdim Mayor Inf. Raji, Para pejabat dilingkungan Kabupaten Batang dan Ketua MUI KH. Zainul Irhoqi.

Acara ziarah diawali dengan pembacaan doa dan pembacaan Surat Yasin dan tahlil yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Batang KH Zainul Irhoqi, selanjutnya peziarah melakukan tabur bunga di makam Ki Mandurorejo.

Setelah itu peziarah melanjutkan ke makam Astana Paskaran Batang.

Adapun Bupati yang dimakamkan di Astana Pasekaran Kanjeng Raden Thoemenggung Soerokadiningrat, (Kanjeng Sedorawuh), Kanjeng Pangeran Ariosoero Adiningrat II, Toemenggung Tjokro Djojo, Toemenggung Poespo Negoro, Adipati Ario Soerjodiningrat, dan Bupati H Djoko Poernomo.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, “Ziarah ke makam KPA Mandurorejo, pendiri dan tokoh Kabupaten Batang merupakan wujud penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa membangun Kabupaten Batang, dan ziarah ke makam ini merupakan tradisi tiap tahun dalam menyambut hari jadi Kabupaten Batang, “Katanya

“Ziarah makam yakni salah satu wujud menghargai para leluhurnya agar tidak lupa dengan sejarah kita. Untuk itu senantiasa bersama-sama berziarah ke makam para Auliya di Batang, “Ujar Wihaji

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan kepada Juru kunci Makam KPA. Mandurorejo dan juru Kunci Makam Astana Pasekaran Batang.

 

 

Irul

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *