Menpar Arief Yahya resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape di Desa Sibisa

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata Arief Yahya menandatangani prasasti the kaldera toba nomadic escape, disaksikan oleh Bupati Tobasamosir Ir.Darwin Siagian, Kepala BPODT Arie Prasetyo, tokoh masyarakat Sumut RE.Nainggolan, Anggota DPD RI Parlindungan Purba.

MITRAPOL.com, Tobasa – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape di Desa Sibisa, kecamatan Ajibata, kabupaten Tobasamosir, Kamis (4/4/2019).

Destinasi wisata diatas ketinggian 1.300 mdpl tersebut peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati putih keudara oleh Menteri Pariwisata Arif yahya didampingi oleh Bupati Tobasamosir Ir. Darwin siagian, wakil bupati Hulman sitorus, Bupati Taput Nikson nababan dan sejumlah undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Sebelum melakukan penandatanganan prasasti, menteri pariwisata di lokasi The Kaldera disambut dengan tarian tortor dan diulosi oleh tokoh adat bersama bupati Tobasamosir Darwin Siagian sebagai bentuk penghormatan dan suka cita masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tobasamosir.

Menteri pariwisata Arief Yahya dalam sambutannya menjelaskan, The Kaldera Toba Nomadic escape adalah destinasi berkelas dunia.

“Ini adalah jawaban untuk traveller yang menginginkan konsep nomadic berkelas dunia,” ujarnya.

The Kaldera ini dinilai sangat cocok untuk menerapkan nomadic amenitas. Jadi, kita membuat klasifikasi untuk wisata nomadic ini. Seperti nomadic atraksi kita terapkan di Borobudur.

“Di Labuan Bajo, kita buatkan nomadic akses, karena disana dilengkapi dengan yacht dan lainnya. Tantangan The Kalder adalah membuat atraksi di luar The Kaldera, dan ini menjadi tugas Kepala BPDOT,” ujarnya.

Menteri pariwisata Arief Yahya didampingi Bupati Tobasamosir Darwin siagian, wakil bupati Tobasamosir Hulman Sitorus, Kepala BPODT Arie Prasetyo saat melakukan pelepasan burung merpati ke udara.

Menteri pariwisata juga berharap keberadaan The Kaldera pariwisata Danau Toba bisa lebih menjual, itupun harus menerapkan konsep 3A yakni atraksi, amenitas, dan aksesibilitas.

“Harus ada atraksinya, kalau kita ingin menjadikan Danau Toba destinasi utama, maka 3A harus berkelas dunia,” terangnya.

Kepala BPODT Arie Prasetyo mengaku, selama proses pembangunan yg dimulai bulan february 2019, pihaknya melibatkan masyarakat sekitar. Pihaknya juga telah menyekolahkan sebanyak 22 anak disekitar kawasan ke akademi pariwisata di Bandung.

Arie juga menuturkan bahwa pihaknya akan terus menggenjot pengembangan kawasan tersebut guna mencapai target kunjungan satu juta wisatawan. Para pengunjung nantinya akan disuguhi dengan atraksi atraksi kebudayaan, dan didukung oleh keindahan alam sebagai daya tarik wisatawan.
Arie juga mengungkapkan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mendapatkan serifikat dari Unesco Global Geopark (UGD). Karena dengan itu kawasan danau toba akan diakui dunia sebagai geopark dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya.

Bupati Tobasamosir Ir.Darwin siagian dalam sambutannya dihadapan menteri pariwisata dan tamu undangan mengatakan mengucapkan terimakasih kepada menteri yang telah hadir dalam peresmian The Kaldera Toba Nomadic Escape.

“Kepada kepala BPODT Arie Prasetyo dan tim yang terus bekerja keras mengembangkan pariwisata dikawasan danau toba kami juga menyampaikan terimakasih dan berharap dengan dikembangkannya pariwisata di daerahnya perekonomiaan masyarakat dapat berkembang lebih baik,” ujar Bupati Darwin.

Bupati Tobasa juga mengatakan, sejak pembangunan the kaldera dimulai, pihaknya terus berkomunikasi dan mendampingi kepala BPODT Arie prasetyo dan tim manakala ada yang perlu dibantu.

Pada kesempatan tersebut, bupati Darwin Siagian menginformasikan kepada menteri, bahwa basarnas akan membangun kantornya di ajibata sebagai bentuk dukungan destinasi pariwisata nasional.

“Minggu lalu kami sudah melakukan penandatanganan MoU nya dengan kepala basarnar ” ujar bupati Tobasamosir Darwin siagian. (Abdi.S)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *