Sekprov Kaltara buka papat koordinasi Perpustakaan dan Arsip se-Kaltara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Sekertaris Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Drs. H. Suriansyah membukan Rapat Kordinasi Perpustakaan dan Keadilan se-Kalimantan Utara, Kamis (4/4/2019) di Ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan.

Rapat Koordinasi Perpustakaan dan Arsip akan dilaksanakan selama dua hari dengan Tema “Membangun Kreafitas dan Pengembangan Sumber Daya Manusia”

Menurut Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara Drs. H. Suriansyah bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya Rapat ini adalah adalah untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas sesuai Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kordinasi yang kita laksanakan ini dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan bernegara. Perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai informasi.

Perpustakaan dan Kearsipan diharapkan menjadi pilar utama peningkatan budaya gemar baca masyarakat demi terciptanya masyarakat yang budaya baca Melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Perovinsi Kalimantan Utara.

Dalam Rapat Kordinasi Perpustakaan dan Kearsipan sekaltara penitia Pelaksana sengaja mengundang 2 Orang Narasumber merupakan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Kabupaten Nunukan sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Rakor Perpustakaan dan Arsip menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, kata Wakil Bupati Nunukan Ir. H. Farifil Murad SE.,MT yang turut hadir dan menerima seluruh peserta Rakor menyampaikan “ Citra Daerah ditentukan oleh seberapa besar dukungan data yang terkandung dalam arsip, baik dalam bentuk teks, peta maupun foto mengenai sebuah daerah.

Wakil Bupati berharap, semoga hasil Rakor ini akan dapat digunakan sebagai rujukan untuk mensinergikan program kegiatan dan dapat sertac diimplementasikan di daerah masing-masing.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie yang disampaikan oleh Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara Drs. H. Suriansyah menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama, internet telah banyak merubah pola dan perilaku masyarakat kita saat ini, salah satunya ialah perilaku membaca dan mendapatkan informasi secara digital, sehingga sedikit banyak tentu mengikis peran dan fungsi dari buku dan perpustakaan karena saat ini informasi disajikan dengan mudah di telapak tangan kita melalui Smartphone.

“Jika tingkat kebutuhan cukup mendesak agar bisa mendapat perhatian lebih untuk terwujudanya, Fokuskan rumusan masalah yang bertumpuh peningkatan Kualitas SDM dan Ciptakan Inovasi yang dapat memberi gebrakan baru agar para ASN sadar dan tanggap akan pentingnya peran perpustakaan dan kerapihan pengelolaan arsip,” kata Gubernur Kalatara DR. H. Irianto Lambrie

Kegiatan Rakor Perpustakaan dan Arsip turut dihadiri oleh istri Gubernur Kalimantan Utara Hj. Rita Ratna, Pimpinan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Utara, bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sekalimantan Utara.

 

 

Kom/Yusup

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *