Dandim 0411/LT pimpin upacara kenaikan pangkat 50 anggotanya

  • Whatsapp
Dandim 0411/LT Lampung saat memimpin apel upacara kenaikan pangkat sebanyak 50 anggota.

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Kodim 0411/LT Lampung melaksanakan Upacara Kenaikan pangkat bagi anggotanya. Dalam upacara periode 1 April 2019 yang diikuti oleh 50 Personel Kodim 0411/LT di Lapangan Apel Makodim 0411/LT, Selasa (02/04/2019).

Hadir dalam upacara tersebut Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.,M.Si dan dihadiri Kasdim 0411/LT, Para Perwira Staf, Danramil dan Pengurus Persit KCK Cabang XXXI Koorcab Rem 043.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Dandim 0411/LT yang memimpin Upacara tersebut mengatakan “Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya itu bukanlah hadiah, akan tetapi suatu prestasi bagi prajurit sekalian, apabila seorang prajurit ketika naik pangkat lancar-lancar saja karena merasa itu merupakan sebuah HAK dan tidak ada suatu tantangan perjuangan dalam meraihnya maka itu akan dirasakan biasa saja, tidak bisa menjadi sebuah momen kenangan yang indah untuk diingat, namun bila seorang prajurit yang sudah waktunya mendapatkan haknya dan tidak cukup dengan mengandalkan hak tersebut maka butuh perjuangan untuk meraihnya, itulah yang menyebabkan kenaikan pangkat sebagai momentum yang luar biasa,” tegasnya.

Ditambahkan Dandim “Semakin tinggi pangkat kita maka beban dan tanggung jawab yang kita pikul/emban akan lebih berat,Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan dalam menghadapi tugas-tugas kedepan.Selain itu dandim melalukan penyiraman kepada seluruh prajurit yang telah berhasil seratus persen dan suksesnya dalam kenaikan pangkat dikarenakan beratnya kegiatan ini,” jelasnya.

Dalam dunia militer khusus TNI dan perlu diketahui oleh para prajurit, kenaikan pangkat memang sebuah hak prajurit setelah mengabdikan dirinya kepada Negara dan Bangsa selama 5 tahun, akan tetapi proses pengajuannya ditentukan oleh Komandan Satuan masing-masing, mulai dari sikap, prilaku, NOL pelanggaran sampai kesiapan fisik untuk melaksanakan GARJAS yang terdiri dari garjas A dan B ditambah lagi kemampuan renang militer akan dinilai sebagai syarat utama seorang prajurit apakah pantas atau tidaknya untuk naik pangkat.

Sebelumnya Dandim 0411/LT, Kasdim dan Para Perwira Staf, Danramil melaksanakan Rakor pengajuan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) para anggotanya.Kemudian setelah lulus penilaian para prajurit diberi bimsuh selama 3 bulan oleh Pasipersdim 0411/LT Kapten Czi Andi Emil Syah yang pelaksanaannya diawasi langsung oleh Kasdim 0411/LT Mayor Inf Ucok Namara.

Dandim 0411/LT Lampung Letkol Czi Burhannudin,SE.,M.Si saat melakukan penyiraman anggotanya yang berhasil bimsuh kenaikan pangkat

Kegiatan bimsuh (bimbingan dan asuhan) meliputi fisik yaitu pelajaran lari 2600 meter, push up, sit up, pull up, shuttle run dan kemampuan renang militer (gaya dada) 50 meter.

Pasipers Kapten Emilsyah mewakili Kasdim Mayor Ucok Namara mengatakan, “Kami menyadari dalam bimsuh ini mungkin sedikit menambah rasa lelah bagi prajurit, namun nilai garjas fisik tetap akan menentukan prajurit bisa atau tidaknya naik pangkat yang lebih tinggi, faktor usia bukan alasan untuk tidak berlatih, jika memang karena itu agar kegiatan ini bisa karena kondisi fisik sedang lemah ataupun sakit sukses dapat mengajukan izin,” jelas Emilsyah.

Pada kesempatan itu prajurit yang mengikuti kegiatan kenaikan pangkat periode 1 April 2019 menyumbangkan 50 kursi kepada satuan. (Muktaridi)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *