KPU Tobasa gelar lomba kreasi pentas seni pemilih pemula

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tobasamosir – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengajak seluruh pemilih pemula berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (pemilu) serentak tanggal 17 April 2019 mendatang.

Ajakannya tersebut disampaikan melalui lomba kreasi pentas seni pemilih pemula pemilu 2019 di komplek Monumen Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan, Balige, Sabtu (06/04/2019).

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Tobasa, Henri M Pardosi mengatakan, lomba kreasi pentas seni yang mereka laksanakan merupakan kegiatan berbasis massa. Dengan kegiatan ini semua calon legislatif, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tobasa termasuk pemilih pemula diharapkan semakin antusias memberikan hak pilihnya pada hari pemungutan suara tanggal 17 April 2019 yang akan datang.

“Marilah kita bersama-sama memberikan yang terbaik pada negara ini melalui pemilu 2019 nanti. Marilah kita satu hati dan satu pikiran menyukseskan pemilu nanti. Mari kita sama sama mensosialisasikan pemilu kepada anggota keluarga, tetangga dan masyarakat dilingkungan kita masing masing agar datang ke TPS memberikan hak pilihnya nanti,” ujarnya.

Himbauan itu disampaikan agar pemilu tersosialisasi secara masif dan terstruktur, sehingga masyarakat Tobasa yang memberi hak suaranya pada pemilu serentak nanti mencapai 80 persen lebih.

Bupati Tobasa Darwin Siagian dalam sambutannya yang diwakili oleh Camat Balige Pantun Pardede mengatakan, pemerintah mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan lomba kreasi pentas seni yang dilakukan KPU merupakan pendekatan yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu serentak.

Kegiatan KPU seperti itu perlu terus dilaksanakan, sehingga informasi tentang pelaksanaan pemilu serentak dapat menjangkau banyak kalangan, sehingga pemilu nanti seluruh warga masyarakat Tobasa yang sudah punya hak pilih dapat memberikan hak suaranya.

“Jadi kami pemerintah sangat mendukung kegiatan ini supaya partisipasi pemilih pemula khususnya dan masyarakat Tobasa umumnya meningkat di pemilu 17 April 2019,” ujarnya.

Usai kata kata sambutan, dilaksanakan lomba nyanyi vocal solo. Dalam lomba ini, setiap peserta melantunkan 2 buah lagu, 1 lagu pilihan, 1 lagu wajib yakni Jingle Pemilu 2019, berjudul, Pemilih Berdaulat, Negara Indonesia Kuat.

Kemudian dilanjutkan ke acara Lomba Dance. Semua peserta berasal dari kalangan generasi muda dan pemilih pemula Tobasa.

Namun sebelum Lomba Kreasi Pentas Seni dilaksanakan panitia terlebih mengundi nomor peserta lomba.

Dewan juri dalam lomba kreasi pentas seni yang dilaksanakan, KPU menghadirkan Cory Siahaan, Sofyan Barus dan Aston P Manik. Bagi para juara, KPU menyerahkan piala dan dana pembinaan.

Selain melaksanakan lomba kreasi pentas seni, Komisioner KPU Tobasa Charles Pangaribuan melakukan sosialisasi tata cara pemilihan 17 April 2019. Dikatakanya, pemilih menerima formulir C6 tanggal 13-14 April 2019 sebagai pemberitahuan waktu, tempat dan TPS bagi pemilih. Waktu memilih di mulai pukul 07.00 Wib – 13.00 Wib dengan syarat semua pemilih harus membawa formulir C6.

Banyak hal penting disampaikan Charles pada kesempatan tersebut, tidak hanya mengenai formulir C6, tetapi juga terkait e-KTP, Suket dari Dukcatpil, formulir A5, jenis dan warna kertas suara, kotak suara dan lain lain. Hal ini dijelaskan supaya pemilih paham dan mengerti sehingga tidak ada suara batal.

Ketua KPU tobasa Henri M Pardosi saat menyerahkan piala kepada para juara lomba dance pada lomba kreasi seni pemilih pemula.

Diakhir sosialisasinya Charles menghimbau masyarakat Tobasa untuk tidak golput.

Hadir dalam acara kegiatan tersebut Komisioner KPU, Kapolres tobasa yang diwakili oleh Kasat intel AKP.Antoni Rajagukguk, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Ultri S Simangunsong, Ketua dan anggota Bawaslu tobasa, Kapolsek balige, Danramil Balige. (Abdi.S)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *