AS telah koordinasi bagi-bagi sembako, Bawaslu bantah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan Chairul Anam yang di hubungi via telepon anggotanya (08/04) membantah keterangan AS yang mengaku telah berkoordinasi dengan Bawaslu Lampung Selatan terkait pembagian sembako dan sejumlah uang kepada relawannya di daerah pemilihan (dapil) 2 Lampung Selatan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pimpinan Bawaslu bahwa tidak ada koordinasi semacam itu dengan peserta pemilu manapun,” jelasnya.

Sebelumnya menurut keterangan AS kepada beberapa awak media yang meminta keterangan terkait gunungan sembako berisi minyak goreng kasan dan gula di rumahnya, bahwa senbako beserta uang dua puluh ribu yang diperuntukan bagi ribuan (4687 orang) relawannya dan menurut keterangannya sudah berkoordinasi dengan bawaslu.

Sementara Chandrawansyah ketua Bawaslu Bandar Lampung yang turun langsung didampingi panwas Kecamatan Labuhan Ratu, panwas kelurahan Labuhan Ratu Raya serta Babinkantibmas Labuhan Ratu Raya, dirinya turun hanya untuk cross chack adanya informasi dari masyarakat terkait gunungan sembako apakah milik caleg dari kota atau dari kabupaten lain.

Chandrawansyah mengakui kebenaran tumpukan sembako yang diimformasikan masyarakat, tapi menurutnya sembako tersebut tidak disalurkan untuk pemilih didalam kota Bandar Lampung jadi dirinya menyarankan supaya masyarakat melaporkan ke Bawaslu di Dapil tempat AS mencalonkan diri.

“Saya turun untuk memastikan kebenaran informasi dari masyarakat dan ternyata benar ada ribuan bungkus sembako, tapi bukan untuk didistribusikan didaerah tugas saya, jadi saya tidak berwenang mengambil tindakan, silakan masyarakat dan rekan-rekan berkoordinasi dengan Bawaslu sesuai dapil yang bersangkutan,” jelasnya.

Sebelumnya AS calon legeslatif Provinsi Lampung dari Dapil 2 Lampung Selatan yang mencalonkan diri dari partai Nasdem nomor urut 7 yang ditemui beberapa awak media yang tergabung di organisasi FPII Sekretariat Wilayah (Setwil) Lampung pada saat ditemui dikediamannya, Minggu (07/04) mengaku telah menghabiskan dana lebih kurang 1,2 Milliar untuk membeli berbagai arat peraga dan untuk memberi sembako serta ongkos ribuan relawannya setiap kali ada pertemuan.
Dan menurutnya perkiraan biaya yang akan dihabiskan bisa mencapai Lima Miliar sampai diakhir masa kampanye.

“Sampai sejauh ini saya sudah mengeluarkan dana 1,2 miliar, dan diperkirakan pada akhirnya nanti diperkirakan bisa menghabiskan lima miliar ” jelasnya.

Ditanya salah satu awak media apakah ada calon legeslatif lain yang memberikan sejumlah uang untuk kegiatan bagi-bagi sembako untuk relawannya (karena hasil pantauan sebelumnya ada dua unit kendaraan yang ada di seputaran kediaman AS yang dipenuhi stiker SB salah satu calon DPD No 24), As membantah. Menurutnya dana dan tumpukan sembako yabg sudah siap di distribusikan kepada relawannya, murni hanya miliknya.

Terkait karna sering ada mobil SB diseputar kediamannya, AS mengaku bahwa dirinya masih memiliki ikatan persaudaraan dengan SB.

 

 

Wawan Satria

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *