Aksi demo berlanjut, ribuan mahasiswa bertahan di kantor gubernur Aceh

  • Whatsapp
Aksi unjuk rasa mahasiswa di kantor gubernur Aceh.

MITRAPOL.com, Banda Aceh – Ribuan mahasiswa pengunjuk rasa dari berbagai perguruan tinggi bertahan di halaman kantor gubernur Aceh, Rabu (10/4/2019).

Mereka melakukan aksi demonstrasi sejak Rabu pagi untuk menyuarakan penolakan tambang emas di wilayah tersebut. Para demosntran memilih bertahan hingga malam karena ingin bertemu Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Bacaan Lainnya

Namun, orang nomor satu di Pemerintah Aceh tersebut tidak datang menemui ribuan mahasiswa. Tidak diketahui alasan mengapa Plt Gubernur Aceh itu tidak menjumpai massa.

Padahal, sejak siang hingga petang beredar kabar Wakil Gubernur Aceh itu hendak bertemu massa mahasiswa. Bahkan ribuan mahasiswa sempat duduk bersila di halaman kantor menunggu Nova Iriansyah.

Pihak kepolisian juga berulang kali mengumumkan bahwa penyampaian aspirasi di depan umum hingga pukul 18.00. Massa tetap bertahan, namun mereka tidak lagi menggelar orasi dengan pengeras suara.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto juga sempat menyampaikan keinginan mahasiswa agar Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menemui mereka.

“Saya juga sudah menghubungi Plt Gubernur Aceh menyampaikan keinginan rekan-rekan mahasiswa. Namun, tidak ada kejelasan sampai kini,” kata Kombes Pol Trisno Riyanto.

Aksi unjuk rasa di depan di kantor gubernur Aceh berakhir ricuh.

Unjuk rasa mahasiswa tersebut merupakan lanjutan aksi sehari sebelumnya. Dalam unjuk rasa serupa di Kantor Gubernur Aceh, Selasa (9/4/2019) kemarin berakhir rusuh.

Polisi membubarkan seribuan mahasiswa dengan menembak gas air mata. Kaca jendela dan sejumlah pot bunga di Kantor Gubernur Aceh pecah usai unjuk rasa.

Ribuan mahasiswa kembali mendatangi Kantor Gubernur Aceh menuntut penolakan beroperasinya perusahaan tambang emas, PT EMM, di Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Tengah. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *