BNNP Lampung musnahkan barang bukti kasus narkotika

  • Whatsapp
Ilustrasi pemusnahan sabu

MITRAPOL.com, Lampung – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung memusnahkan barang bukti narkotika yang disita selama bulan Januari-Maret 2019.

Kepala BNNP Lampung, Brigjen Tagam Sinaga mengatakan barang bukti yang dimusnahkan tersebut terdiri dari sabu-sabu dan pil ekstasi.

Bacaan Lainnya

“Barang bukti yang kita musnahkan berupa sabu-sabu sebanyak 5,99 kilogram dan pil ekstasi sebanyak 3.773 butir,” kata Brigjen Tagam Sinaga, di Bandarlampung, Rabu (10/4/2019).

Lebih lanjut Tagam menjelaskan selain menyita barang bukti, petugas juga mengamankan 18 orang tersangka.

“Barang yang kita musnahkan ini merupakan hasil tangkapan dari sebanyak 18 orang tersangka, dua diantaranya meninggal dunia karena melawan pada saat akan dilakukan penangkapan,” ujarnya.

Tagam melanjutkan, jumlah narapidana di Provinsi Lampung tahun 2018 mencapai sebanyak 4.037 orang yang terdiri dari bandar narkoba sebanyak 3.097 dan pengguna sebanyak 940 orang.

“Bandar di Provinsi Lampung ini bermain narkotika di usia tertinggi 67 tahun, sedangkan usia termuda di umur 14 tahun,” jelasnya.

Menurut Tagam, untuk 940 tersangka pengguna seharusnya tidak sampai masuk ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Harusnya para pengguna narkotika diberikan pengobatan dengan cara dimasukkan ke dalam panti rehabilitasi.

“Kalau seperti kurir atau bandar, dan pemilik modal itu baru dimasukkan. Bila perlu, kalau mereka melawan, tembak mati dan kalau perlu jika ada hartanya maka dibuat miskin sekalian,” kata dia.

Sabu-sabu dan pil ekstasi tersebut dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam tiga blender dan kemudian dihancurkan dengan cara digiling.

Usai digiling, barang haram tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dibuang ke dalam septic tank. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *