Polres Batang tunjuk Desa Tembok untuk lomba pos kamling tingkat Polda Jateng

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jateng – Setelah menjadi juara I dalam lomba penilaian pos kamling tingkat Polres Batang, Dukuh Cendana Kidul Desa Tembok Kecamatan Limpung ditunjuk mewakili Polres Batang dalam lomba serupa tingkat Polda Jawa Tengah, Kamis (11/4/2019).

Tim penilai Dit Binmas Polda Jateng dipimpin Oleh Kasi Latpuan Subdit Bhabinkamtibmas Polda Jawa Tengah Kompol Sugianto S.H, bersama Kompol Puji Irianto S.H, M.H dan Aiptu Andik H.

Bacaan Lainnya

Kedatangan tim Polda Jateng disambut Kasat Binmas Polres Batang AKP Akhmad Almunasifi,Muspika Limpung, Kades beserta perangkat desa, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Kepala Dusun Tembok Musanaf menyampaikan permohonanan maaf bahwa Kepala Desa tidak bisa hadir karena sedang ada tugas ke Jakarta dan situasi keamanan desa terdapat aman .

“Selamat datang kepada tim penilai dari Polda Jateng di desa kami,beginilah aktifitas rutin warga dalam pengamanan lingkungan untuk menjaga kondusifitas kamtibmas,guyub rukun selalu kami jaga apalagi menjelang pemilu,” ujarnya.

Camat Limpung Drs. Windu Suriadji, MM mengatakan pada hakekatnya lomba pos kamling bukan lomba fisik pos nya saja namun bagaimana keterlibatan masyarakat dalam menjaga masing-masing.

“Situasi masyarakat tetap nyaman dan aman di semua pedukuhan pos Kamling aktif semua itu berkat sinergitas antara masyarakat,pemerintah dengan petugas di Lapangan Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ungkapnya.

Kasat Binmas Polres Batang AKP Ahmad Al Munasifi SH mengatakan proses penilaian sudah sesuai petunjuk.

“Bukan bagus atau tidaknya pos melainkan keaktifan pos kamling,partisipasi masyarakat membantu aparat keamanan baik polsek dan koramil terus berjalan dari hasil Lombat tingkat Polres Pos Kamling dukuh Cendono kidul memang meraih nilai tertinggi, sistem penilaian dilaksanakan secara obyektif sesuai dengan petunjuk yang ada,” katanya.

Sementara Ketua Tim penilai Lomba dari Direktorat Binmas Polda Jateng Kompol Sugiyanto,SH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutinitas tahunan kepolisian.

Hakekat lomba ini adalah kita betul-betul mengkondisikan desa kita, mempolisikan desa kita sendiri untuk aman yaitu dengan siskamling untuk mengelola keamanan lingkungan.

“Pemberdayaan masyarakat selalu di bina, pos kamling berfungsi untuk menjaga keamanan lingkungan dan mempunyai fungsi sosial memberikan palayanan kepada warga yang membutuhkan,” ucap Kompol Sugiyanto yang juga menjabat sebagai Kasi Latpuan Bhabinkamtibmas.

Ia menambahkan, setelah penilaian ini mudah-mudahan tidak berhenti disini namun tetap berlanjut kegiatan siskamlingnya.

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan umum, mari kita tingkatkan keamanan agar dalam pemilu ini situasi wilayah dapat aman tidak terjadi sesuatu hal gangguan keamanan,” imbuhnya.

Sedangkan Kapolsek Limpung AKP Donni Krestanto S.Kom mengatakan jajaranya selalu aktif menyambangi pos kamling yang ada di wilayah Limpung dan Banyuputih.

“Pengecekan selalu dilaksanakan oleh bhabinkamtibmas dan babinsa dalam rangka pembinaan dalam pelaksaan tugas kesehariannya di wilayah binaan,” kata AKP Donni .

Dalam penilaian, warga Desa Tembok menyajikan simulasi pelayanan terhadap warga yang membutukan ambulan untuk orang sakit, mengamankan oknum warga yang tertangkap tangan diduga melakukan pelanggaran pemilu dengan membagikan amplop berisi uang atau jual beli suara, serta penanganan awal pelaku pembakaran sepeda motor. (Irul)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *