Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR guncang Sulteng, berpotensi tsunami

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, telah terjadi gempa bumi di Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan kekuatan Magnitudo 6,9. Gempa terjadi pada Jumat (12/4/2019) malam pada pukul 18:40:49 WIB.

Gempa dikonfirmasi berkekuatan 6.9 skala richter (SR), Garis Lintang: 1.90 LS, Garis Bujur: 122.54 BT dengan Kedalaman: 10 Km.

Bacaan Lainnya

Lokasi gempa berada 85 km BaratDaya BANGGAIKEP-SULTENG; 113 km Barat Daya BANGGAI-SULTENG; 113 km Timur Laut MOROWALI-SULTENG.

Kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah.

“Gempa teras kuat di Kabpoaten Luwu Timur sekitar 4 detik. Gempa berpotensi tsunami di Kabupaten Morowali dan belum bisa dikontak,” kata Sutopo, Jumat (12/4/2019).

Kata Sutopo, BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. Artinya Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai.

Gempa terasa kuat juga di Kabupaten Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kec Toili.

“Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai juga telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk mengungsi,” jelas Sutopo. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *