Polres Melawi kerahkan 285 personel untuk amankan 707 TPS

oleh -54 views

MITRAPOL.com, Kalbar – Pelaksanaan Pemilu Nasional tinggal menghitung hari. Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh penyelenggara. Selain itu, dari sisi keamanan, aparat Kepolisian Resor Melawi menyatakan kesiapannya mengamankan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan ditandai dengan Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas 2019. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si bertempat di Lapangan Apel Bhayangkara Mapolres Melawi, Minggu (15/4/2019) pagi.

Kepolisian Resor Melawi akan mengerahkan 285 personel untuk pengamanan 707 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Melawi. Polres Melawi juga diperkuatan BKO Polda Kalbar sebanyak 100 Personel, 70 Personel diantaranya digeser ke Polsek Jajaran Polres Melawi dan 30 Personel ditempatkan di Mako Polres Melawi.

Bertindak sebagai Inspektur Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas 2019, Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si menyampaikan, sebanyak 285 anggota akan ditempatkan di setiap TPS pada Pemilu Serentak yang akan digelar Hari Rabu, 17 April 2019 mendatang.

“Mengingat keterbatasan jumlah personil yang dimiliki Polres Melawi, maka satu personil tidak cukup untuk melakukan pengamanan di satu TPS. Jadi nanti, satu personil mengamankan dua TPS, tiga TPS atau satu TPS dengan melihat tingkat kerawanan politik,” ujar Kapolres.

“Pola pengamanan diseluruh TPS yang dilakukan Polres Melawi, adalah berdasarkan karakteristik keamanan wilayah dan letak geografis masing-masing wilayah TPS di wilayah Kabupaten Melawi,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, Operasi  yang dilaksanakan harus sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan mulai dari penetapan sasaran pengamanan penggunaan cara bertindak yang efektif sampai dengan pengendalian yang tepat di lapangan.

“Oleh karena itu setiap personel harus bertindak sesuai prosedur dan sop yang telah ditetapkan serta saling berkoordinasi dengan Internal Kepolisian maupun dengan pihak lintas sektoral di lingkungan masyarakat. Untuk rekan kami TNI juga akan membackup Polres Melawi, sehingga akan memberikan pasukannya dalam pengawalan pengiriman logistik Pemilu 2019 dari gudang KPUD Kabupaten Melawi sampai ke PPK Kecamatan dan saling bersenergi dalam mengawal Pemilu agar berjalan dengan aman serta kondusifitas terus terjaga,” tuturnya.

Lanjutnya, “Untuk itu Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, damai dan sejuk. Berbagai potensi kerawanan yang telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan dalam kacamata Kamtibmas,” tutup Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin.

Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas 2019, juga dihadiri oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Para Kabag, Kasat, Kasie, Perwira dan Kapolsek Jajaran serta seluruh Personil Polres Melawi dan Polsek Jajaran.

Susunan Pasukan Apel Kompi I, Pleton I Anggota PAM TPS Wilayah Nanga Pinoh, Pleton II Anggota PAM TPS Wilayah Pinoh Utara, Pleton III Anggota PAM TPS Wilayah Pinoh Selatan. Kompi II, Pleton I Anggota PAM TPS Wilayah Belimbing dan Belimbing Hulu, Pleton II Anggota PAM TPS Wilayah Ella Hilir, Pleton III Anggota PAM  TPS Wilayah Menukung dan Kompi III, Pleton I Anggota PAM TPS Wilayah Sayan, Pleton II Anggota PAM TPS Wilayah Sokan, Pleton III Anggota PAM TPS Wilayah Kota Baru. Dalam 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Melawi Polres Melawi menempatkan 20 Pamatwil di masing-masing Kecamatan. (Red/Hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *