H-1 pemilu, TNI-Polri di Kabupaten Melawi tingkatkan patroli gabungan

by -45 views

MITRAPOL.com, Kalbar – Cipta kondisi masa tenang Pemilu Serentak tahun 2019, Polres Melawi melalui BKO Brimob Polda Kalbar bersama TNI AD Kompi Senapan A Yonif 642/Kapuas melaksanakan patroli gabungan dengan sasaran Kantor KPU, gudang logistik KPU, pusat keramaian dan di seputaran Kota Juang Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Selasa (16/4/2019) pagi.

Dalam Patroli Sinergitas TNI-Polri tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si didampingi Kabag Ops AKP Sofyan, Danki 2 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kalbar IPTU Supriyanto beserta Anggotanya dan Danki Senapan A Yonif 642/KPS LETTU INF. M. Bintang I P T.Han beserta Anggotanya.

Sebelum melaksanakan patroli Sinergitas TNI-Polri dalam rangka cipta kondisi masa tenang Pemilu 2019. Terlebih dahulu Anggota BKO Sat Brimob Polda Kalbar mendapatkan arahan dari Kabag Ops AKP Sofyan.

“Pelaksanaan patroli gabungan ini adalah untuk melaksanakan cipta kondisi pada masa tenang Pemilu 2019, TNI-POLRI memberikan rasa aman kepada masyarakat pada masa tenang, dan juga menjelang pemungutan suara di TPS, serta untuk mengantisipasi giat-giat kampanye gelap yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab, dan juga mengantisipasi serangan-serangan fajar,” ungkap Kabag Ops.

Lanjutnya, “Pada Patroli cipta kondisi ini kami juga akan menyambangi kantor-kantor PPK yang saat ini logistik pemilu telah disimpan di PPK, kantor-kantor pemenangan paslon baik presiden maupun legislatif, kantor partai politik, pemukiman penduduk dan tempat-tempat keramaian umum lainnya, besar harapannya Pemilu tahun 2019 ini dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk dengan semua pihak berperan dalam menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Melawi ini,” jelasnya.

Usai menerima arahan, personil TNI-Polri melaksanakan patroli gabungan dengan menggunakan tujuh unit kendaraan roda dua dinas Polri, dan mobil dinas patroli Polres Melawi serta mobil patroli Kompi Senapan A Yonif 642/KPS. Senergitas TNI-Polri begitu terlihat dalam patroli kali ini, saling berboncengan dan saling bersapa salam menurut hirarki pada Korps TNI-POLRI.

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si terlihat ikut bergabung dalam patroli sinergitas TNI-Polri menyampaikan apresiasinya atas sinergitas TNI-Polri dalam mengamankan Pemilu tahun 2019.

“Melalui Patroli Sinergitas ini kita ingin memberikan kesejukan ditengah masyarakat, Bahwa Polri dan TNI siap menjaga keamanaan Kabupaten Melawi. Tidak ada rasa ketakutan, tidak ada yang merasa di intimidasi dalam Pemungutan suara besok (17 April 2019),” tegas Kapolres.\

Kapolres menjelaskan selama pencoblosan 17 April 2019 hingga penghitungan surat suara, Polri dan TNI siap bersinergitas menjaga keamanan.

“Besok 17 April 2019 puncaknya Pemilu ini, ada 707 TPS diamankan oleh personil Polri sebanyak 285 dan dibantu rekan kami TNI, dan Linmas,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pengamanan ini menciptakan susana aman dan kondusif. Agar masyarakat datang ke TPS dengan tenang menggunakan hak suaranya.

“Harapannya tidak ada rasa takut, datang ke TPS untuk memilih di tanggal 17 April 2019 besok. Tetap menjaga persatuan dan kesatuan karena kita ini saudara setanah air, kondusifitas wilayah jangan sampai terusik oleh satu dua kelompok yang tidak terima dengan hasil Pemilu, Mekanismenya ada jika ada ditemukan kecurangan diselesaikanlah dengan baik, selesaikan dengan kepala dingin, ikuti aturan yang ada, ikuti mekanismenya jangan sampai memprovokasi kelompoknya untuk membuat kagaduhan, Keamanan milik seluruh elemen masyarakat mari kita jaga bersama,” tutur Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin. (Red/Hum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *