Bimas desa Banyumekar selesaikan masalah perkelahian

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Banten – Bhabinkamtibmas yang mempunyai tugas pokok menjaga wilayah hukumnya agar selalu dalam situasi yang aman dan terkendali dilaksanakan dengan baik oleh Bimas desa Banyumekar, Kecamatan Labuan, Pandeglang Banten.

Anggota Bhabinkhamtibmas Polsek Labuan, Bribda I Gusti Putu Ardianta didampingi anggota Reskrim Polsek Labuan Brigpol Rifqi Destiyan berhasil menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah hukumnya. Selasa (23/04.2019),

Kedua anggota Polri tersebut berhasil menyelesaikan masalah perkelahian antar warga di desa Banyumekar, masalah ini berhasil diselesaikan di Kantor Desa Banyumekar dengan mempertemukan kedua belah pihak sehingga tidak berbuntut panjang.

“Peristiwa perkelahian dipicu oleh kesalah pahaman antara kedua warga yang tadinya sebagai sahabat akrab, namun karena tingkat emosinya sedang tidak stabil maka timbullah kesalah pahaman diantara keduanya,” papar kades Banyumekar Hafid Usman saat dimintai keterangannya oleh awak media di kantornya.

Setelah melalui proses mediasi dan musyawarah yang dihadiri oleh Kepala desa beserta perangkatnya, dan anggota LSM GEMPITA DPD Pandeglang, serta Bhabinkamtibmas Desa Banyumekar, kedua keluarga yang terlibat perkalihan dengan sikap legowo menerima penyelesaian ini secara kekeluargaan.

Sebenarnya masalah seperti ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan, yang diutamakan adalah sikap baik dari kedua pihak yang bertikai dengan menggunakan hati nurani saling menerima kekurangan, kedua belah pihak sepakat menandatangani surat pernyataan damai dan berjanji untuk tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Papar Bribda I Gusti Putu Adianta.

M. Yaya Ketua LSM GEMPITA DPD Pandeglang memuji kinerja Bhabinkamtibmas Desa Banyumekar tersebut,”Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif.” ujarnya.

“Kita Lembaga swadaya masyarakat sebagai bagian dari lembaga kontrol sosial harus membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya, yang kita utamakan adalah menyelesaikan permasalahan dengan baik sehingga tidak berujung panjang. Alhamdullihan permasalahan ini sudah selesai, kedua belah pihak sudah saling menerima dan mudah-mudahan menjadi saudara yang kuat dalam hal apapun,” tutup M. Yaya.

 

 

Royen

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *