Polda Sumsel amankan seorang pelaku penjual satwa dilindungi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sumsel – Seorang pedagang jangkrik di Pasar 16 Ilir Palembang, SI (39), diamankan oleh Jajaran Dit Res Kriminal Khusus Polda Sumsel, saat sedang menjual satwa yang dilindungi yaitu 8 ekor kukang, Selasa (23/4/2019).

SI merupakan warga jalan Pangeran Ratu Kelurahan 15 Ilir Kecamatan Jakabaring Palembang.

Bacaan Lainnya

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, mengungkapkan penangkapan pelaku bermula dari adanya laporan masyarakat.

Kemudian, petugas melakukan penyelidikan dan didapati delapan ekor kukang yang hendak dijual seharga Rp 150 ribu.

“Pelaku hanya menampung dari warga yang menjual. Lalu dijual kembali dan mendapat untung sebesar Rp 50 ribu per ekor,” ungkapnya saat gelar perkara di Mapolda Sumsel, Selasa (23/4/2019).

Menurutnya, pelaku SI membeli kukang seharga Rp 100 ribu dari warga yang berburu satwa dilindungi tersebut.

“Saat ini, penyidik masih mendalami kasus ini untuk mengungkap pelaku lain yang diduga menjadi pemesan kukang. Untuk 8 ekor kukang, kami titipkan ke BKSDA sebagai barang bukti,” tambahnya.

Sementara itu, menurut pengakuan SI, dirinya baru pertama kali menjual satwa tersebut dan dibeli dari seseorang yang tidak dikenal.

“Baru kali ini dijual, biasanya jangkrik. Saya menyesal, karena kebutuhan ekonomi yang mendesak jadi jual satwa yang dilindungi ini,” ujarnya.

SI dikenakan pasal 40 Ayat 2 Jo Pasal 21 Ayat 2 Huruf A UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dengan ancaman penjara selama 5 tahun. (Adri)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *