Program Immersion, taruna nusantara lakukan kunjungan ke Pusdik Penerbad

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Jogjakarta Sebagai salah satu sekolah mempunyai Program Basis Ketarunaan SMA Taruna Pelita Nusantara melakukan kunjungan ke berbagai lembaga Ikatan Dinas seperti, Akademi Polisi, Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara dan Pusdik Penerbad.

Program Immersion ini merupakan agenda tahunan yang dimiliki oleh SMA Taruna Pelita Nusantara, adapun tempat yang dituju tidak selalu sama setiap tahunnya. Tujuan program ini adalah untuk lebih mengenalkan sekolah atau lembaga yang nanti akan dipilih oleh para Siswa dan Siswi dalam melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan sesuai cita-cita yang mereka inginkan.

Disamping itu, diharapkan kunjungan ini dapat menambah motivasi siswa dan menambah semangat Nasionalisme mereka sebagai generasi penerus bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI dan Ideologi Pancasila.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 hari, dengan rute terakhir para siswa akan melaksanakan Long March napak tilas rute Panglima Sudirman dan “Hijrah Siliwangi” dari Yogyakarta sampai Bandung. Ide napak tilas ini muncul dari Bapak Ida Bagus Dharma Yoga, SH, SE sebagai pemilik Yayasan Harapan Bangsa Indonesia Maju.

Kegiatan Hijrah Siliwangi ini untuk mengenang peristiwa sejarah ketika pasukan Divisi Siliwangi harus kembali ke Jawa Barat dari Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai konsekwensi dari Perjanjian Renville yang merugikan Indonesia. Ketika itu Jenderal Besar Sudirman segera mengeluarkan Instruksi Panglima Besar nomor 1 sesuai perintah (Perintah Siasat Nomor 1) agar pasukan Siliwangi pindah ke Jawa Barat setelah bertempur dengan PKI MUSO.

Hari ini para siswa telah berkunjung ke Akademi Polisi dan Pusdik Penerbad Semarang selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan menuju ke Akademi Militer Magelang. (Shem) 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *