Program PSC Dinkes Tobasa dipertanyakan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Tobasamosir dr. Juliwan Hutapea

MITRAPOL.com, Tobasa – Program Public Safety Center (PSC) atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang telah dilaunching Bupati Ir. Darwin Siagian dan Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM yang disaksikan masyarakat Tobasa pada hari pertama perayaan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tahun 2018 yang lalu di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige hingga saat ini tidak jelas keberadaannya.

Padahal dengan adanya layanan PSC tersebut, diharapkan warga masyarakat daerah Tobasamosir sudah bisa memanfaatkan jasanya.

Bacaan Lainnya

” Satu minggu kami turun kelapangan memantau keberadaan Mobil PSC dinkes tobasa, tapi kami tidak pernah melihat mobil dan personilnya di standbykan di mana,” ujar Sahala Saragi, Ketua LP3SU (Lembaga Pemantau dan Pengawasan Pembangunan Sumatra Utara).

Sahala juga mengatakan, seharusnya program PSC 119 benar benar dapat diketahui masyarakat luas keberadaanya, sehingga masyarakat bisa memanfaatkanya bilamana mengalami musibah dan membutuhkan pertolongan cepat. apalagi inikan menyangkut anggaran Apbd tobasa, sudah pasti nilainya tidak sedikit yang dikucurkan, mungkin bisa mencapai ratusan juta.

“Kami akan terus pantau penggunaan anggarannya, jangan sampai program yang menyerap anggaran apbd tobasa ini diselewengkan,” ujar Sahala Saragi.

Kepala Dinas Kesehatan Tobasamosir dr. Juliwan Hutapea saat dijumpai dikantornya tidak berada ditempat dan ketika dihubungi melalui hpnya tidak aktif dan sms yang dikirim untuk mempertanyakan keberadaan PSC dan anggaranya tidak berbalas.

Perlu diketahui program PSC yang dilaunching bupati Tobasa tahun lalu tersebut diprogramkan beroperasi selama 24 jam secara terus menerus. Tenaga yang bertugas di PSC sebanyak 14 orang terdiri dari koordinator tenaga kesehatan, operator callcenter 119, dan supir yang bertugas dalam tiga shift yakni, pagi, siang dan malam. (Abdi S) 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *