Kajati Provinsi Lampung segera proses dugaan pungli pembuatan PTSL

by -619 views

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Lampung akan segera proses dugaan pungli pembuatan buku Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Way Kanan.

Kajati Lampung melalui Kasi Penkum Ariwibowo saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (23/04/19) menyampaikan bahwa pihaknya akan menindak lanjuti laporan masyarakat beberapa waktu yang lalu terkait dugaan pungli pembuatan PTSL yang terjadi pada wilayah Desa/Kampung Bumi Agung Way Kanan.

“Kita akan segera menindak lanjuti atas laporan dugaan pungli yang dimaksud akan tetapi kita posisikan di Kajari Way Kanan terlebih dahulu,” ucap Ari.

Sebelumnya telah diterbitkan oleh media ini atas dasar laporan masyarakat, diduga biaya yang diminta oleh pihak penyelenggara pembuatan buku PTSL tersebut sangatlah pantastis besar dikarenakan tidak sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah yang telah dianggarkan untuk pembuatan buku tersebut.

Sesuai dengan Perbub Bupati Way Kanan Provinsi Lampung nomor 60 tahun 2017 tentang penetapan biaya PTSL pembuatan di daerah masing-masing Desa Kelurahan Kabupaten Waykanan dengan Nilai Rp.200.000.(dua ratus ribu rupiah) per buku.

Dalam sosialisasi Bupati Way Kanan menegaskan pada Perbup ini jangan sampai ada tindakan yang melawan dan melanggar keputusan yang sudah ditetapkan dengan atas penegasan Bupati Way Kanan

Tetapi ternyata di wilayah Bumi Agung Way Kanan peraturan ini tidak diindahkan oleh oknum yang diduga kuat melanggar peraturan ini sehingga masyarakat setempat merasa keberatan membayar pembuatan buku tersebut dengan harga yang lebih mahal, jauh dari jumlah harga yang sudah ditetapkan.

Harga yang dikenakan bervariasi, dari Rp.600,000 sampai Rp.1.400.000 per/bukunya, karena itu masyarakat melaporkan peristiwa ini ke pihak penegak hukum untuk segera ditindak lanjuti.

 

 

Deni Andestia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *