Antisipasi banjir di Jakarta, Gubernur Anies bakal remajakan pompa air

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan saat Musrenbang tingkat kota Jakarta Utara

MITRAPOL.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melakukan peremajaan pompa air agar dapat digunakan dengan baik saat banjir. Hal ini juga sebagai upaya dalam mengantisipasi banjir di Jakarta,

“Pompa air sering sekali mengalami kerusakan, sudah saatnya kita mengganti pompa karena usia yang sudah tua, sehingga ketika dipakai bekerja dengan durasi yang panjang akan bermasalah. Insya Allah satu-satu akan kita ganti pompanya,” ujar Anies Baswedan ketika ditemui saat meninjau situasi Jembatan Kampung Melayu, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Bacaan Lainnya

Anies mengatakan bahwa sebanyak sekitar 150 unit pompa mobile tersebar di berbagai titik rawan banjir dan terdapat juga 450 rumah pompa.

“Semua pompa air siap digunakan. Lalu, penjaga pintu air juga terus memonitor ketinggian air dari hulu dan dari hilir,” katanya pula.

Anies menambahkan pemantauan debit air dari selatan dan utara Jakarta cukup penting dalam mengantisipasi banjir.

“Teknik dan pemantauan pengelolaan pintu air dan pompa penting karena Jakarta dikepung segala arah, dari hulu air hujan dan dari hilir air laut,” ujarnya.

Anies memastikan seluruh jajaran di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama instansi terkait terus bersiaga untuk mengantisipasi terjadi banjir, termasuk dengan mengevakuasi warga di wilayah rawan banjir.

Orang nomor satu di Pemprov DKI itu juga mengatakan Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat nantinya akan bermanfaat untuk pengendalian banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Dengan adanya bendungan kering itu, maka air akan terkendali. Insya Allah bulan Desember tahun ini selesai,” katanya lagi. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *