Rumah kontrakan berdiri tanpa IMB, Sudin Citata Jakarta Barat jangan tutup mata

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Berdasarkan adanya laporan yang kami dapatkan bahwa ada bangunan yang berdiri tanpa IMB, disekitar wilayah Jakarta Barat, Jum’at (26/04/2019)

Yang berupa rumah dengan konsep petakan seperti kontrakan pengerjaan tanpa memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB) menjadi pertanyaan bagi aktifis tata ruang dan bangunan Amran.

Bacaan Lainnya

Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. Kewajiban setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan diatur pada Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009.

Sangat disayangkan bangunan yang saat ini sedang proses berdiri tak ada izin IMB yang terlihat, sesuai undang undang pemilik dapat dikenakan Sanksi administratif penghentian sementara sampai dengan diperolehnya izin mendirikan bangunan gedung (Pasal 115 ayat [1] PP 36/2005), dinas cipta karya dipinta Tidak sesuai hukum yang di buat.

Pemilik bangunan gedung yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan gedung dikenakan sanksi perintah pembongkaran (Pasal 115 ayat [2] PP 36/2005). Selain sanksi administratif, pemilik bangunan juga dapat dikenakan sanksi berupa denda paling banyak 10% dari nilai bangunan yang sedang atau telah dibangun (Pasal 45 ayat [2] UUBG).

“Kami aktifis pemantau tata ruang dan cipta karya, Amran Muktar baru-baru ini survey ke lokasi Jalan Alas Tua RT. 04/ RW, 04  Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, Dan rupanya laporan yang masuk ke kami itu benar adanya, bangunan itu tanpa izin. Dalam proses pembangunan.”

Pemimpin aktifis bidang tata ruang dan bangunan, berencana akan melanjutkan temuan ini ke Sudin. Cipta karya Jakarta Barat.

“Ini suatu perbuatan yang merugikan negara dan kami  bekerja sosial membantu negara, tugas media membela negara seperti inilah harus menindak lanjuti,” Kata Amran

Lanjutnya, adapun yang ada di belakang atau yang membekengi bangunan itu bukan urusan kami. Kami hanya punya tugas memberitakan dan melaporkan kepada instansi yang terkait dan kami akan mengawal hingga selesai karena kami ini sebagai kontrol sosial dan berkewajiban meluruskan dan mengingatkan pada siapapu masyarakat bila membangun wajib hendaknya mengurus izin IMB.

Saat di konfirmasi ke lapangan yang bertanggung jawab ialah pak Royani,” ucapnya saat ditanyakan ke salah satu pekerja, “Sebagai penanggung jawab, proyek pembangunan, saat di konfirmasi pak Roy yang akrab di panggil, itu bangunan kontrakan sedang proses izin nya dan tinggal nunggu jadi,” kelitnya

Bicara izin semua banyak bangunan yang ada diwilayah ini tak memiliki IMB lagi pula ini proyek kecil bang,dan ini kontrakan yang dibangun punya Janda tutupnya, saat di konfirmasi di warung kopi belakang kantor kelurahan Poris. (Shem)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *