Pasar dibangun, Disperindag yakin ekonomi Buton Utara tumbuh 6 persen

  • Whatsapp
Kadis Perindag Buton Utara Drs. As'sabran

MITRAPOL.com, Buton Utara – Disperindag Kabupaten Butur memprogramkan bangun pasar rakyat di Kecamatan Bonegunu dan Kambowa. Pembangunan pasar itu di targetkan rampung tahun ini.

Pembangunan pasar yang desainnya lebih representatif dan dapat mengakomodir semua pedagang di kecamatan tersebut dan menelan anggaran 2,2 miliar.

Kadis perindag Butur As Sabran saat ditemui mengatakan, “pembangunan satu pasar dapat menghabiskan anggaran sekitar 1,3 miliar sehingga jika dibangun dua jumlah anggarannya sebesar 2,2 miliar.”

Dikatakannya, bahwa proses pengerjaan setelah lelang tuntas dilakukan dan itu masih berproses .
Mantan sekertaris Disperindag itu meyakini pertumbuhan ekonomi di Butur bisa melejit jika adanya transaksi dalam aktivitas berdagang di 2 pasar itu. Dimana, pertumbuhan ekonomi Butur bisa tumbuh 6%, di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5% lebih.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan dibeberapa kesempatan menerangkan, pihaknya tahun ini fokus menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Semua desa diwajibkan membentuk badan usaha milik desa (BUM Des). Selain itu, daerah yang belum memiliki pasar direalisasikan pembangunannya tahun ini.

“Pertanian organik dalam arti luas terintegrasi dengan perikanan, peternakan, dan perkebunan menjadi sektor prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Hasil petani, nelayan harus dipasarkan dan bisa terjual. Keyakinan, untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi bakal terwujud,” terang Bupati Butur.

 

 

David Wiridin

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *