Ini 8 target utama Polres Melawi dalam ops keselamatan lantas Kapuas 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kalbar – Dalam rangka cipta kondisi pasca Pileg, Pilpres dan persiapan menjelang Idul Fitri 2019, Polri menggelar Operasi dengan sandi “Ops Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019″ yang akan dilaksanakan selama 14 hari tersebut mulai tanggal 29 April 2019 sampai tanggal 12 Mei 2019 mendatang.

Pada “Operasi Keselamatan Kapuas 2019” ini tujuan utamanya adalah “Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna terciptanya Kamseltibcar lantas pasca pungut dan hitung suara Pemilu 2019 untuk mendukung kebijakan promoter Kapolri di Wilayah Hukum Polda Kalbar”.

Bacaan Lainnya

Ada delapan hal yang menjadi target dan sasaran utama selama “Operasi Keselamatan Kapuas – 2019 yaitu melawan arus, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan safeti belt, melebihi batas kecepatan maksimal, menggunakan handphone saat mengemudi, pengendara belum cukup umur hingga berboncengan lebih dari satu orang, berkendara dibawah pengaruh alkohol (minuman keras) dan truk membawa muatan buah kelapa sawit tanpa menggunakan jaring. Sama seperti Operasi lainnya dimana ada Pos pantau yang berada di titik penting seperti keramaian, potensi kemacetan dan lain sebagainya.

Dengan tujuan terselenggaranya Operasi yang optimal Kepolisian Resor Melawi melaksanakan Lat Pra Ops (Latihan Pra Operasi) Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019.

Kegiatan dipimpin Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si diwakili oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom yang didampingi Kabag Ops AKP Sofyan dan Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P. Dan dihadiri juga oleh seluruh anggota yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019 di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Senin (29/4/2019) pagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom dalam sambutannya disampaikan bahwa Latihan Pra Operasi ini sebagai langkah persiapan untuk melaksanakan “Ops Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019” dengan mengedepankan fungsi lalu lintas.

“Sehingga sasaran yang akan dicapai diantaranya turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat terwujud,” tuturnya.

Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, dalam arahannya, Wakapolres Melawi juga menghimbau anggota yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019 untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Jaga kepercayaan masyarakat, laksanakan operasi ini dengan humanis serta sesuai dengan SOP kedepankan preemtif dan preventiv serta lakukan pembinaaan dan penyuluhan tentang keselamatan berlalu lintas,” jelas Wakapolres.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Melawi AKP Sofyan saat mendampingi Wakapolres menyampaikan bahwa, “Tujuan utama dilaksanakannya Lat Pra Ops ini adalah, agar anggota yang terlibat memahami tugas masing-masing sehingga dalam pelaksanaan Operasi, anggota yang terlibat dibawah komando masing-masing Kasatgas sesuai dengan sasaran dan target Operasi, dan tidak berjalan sendiri-sendiri serta tepat sasaran,” ungkapnya.

Setelah dibuka dan diberikan arahan oleh Wakapolres dan Kabag Ops, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan dan penyampaian materi oleh Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M. Si.

“Pada Operasi Keselamatan Kapuas 2019 ini, mengutamakan kegiatan Peremtif yang beredukasi. Pola pelaksaan tugas pada Operasi ini bukan rajia tapi hunting melihat pelanggaran kasat mata, target pada operasi keselamatan ini menyesuaikan dinamika wilayah Kabupaten Melawi, ditambah kesasaran truk pembawa buah sawit tidak menggunakan jarring. Karena jika dibiarkan truk membawa buah sawit tanpa jaring ini sangat rawan sekali menyebabkan kecelakaan, buah yang tercecer dijalanan jadi faktor baru kecelakaan lalu lintas dan sering kita temukan apabila truk ini terbalik semua buah sawit yang dibawanya langsung memenuhi jalanan dapat menyebabkan kemacetan serta laka lantas,” tegasnya.

“Fatalitas kecelakaan lalu lintas pada bulan ini cukup tinggi, menjadi evaluasi pada Operasi kali ini, kecelakaan sering terjadi dipinggir kota, kita harus bisa memecahkan permasalahan ini melalui Operasi Keselamatan ini, kita himbau masyarakat dengan On Air Radio serta membuat inovasi keselamatan yang dapat diterima dan dimengerti oleh masyarakat secara luas,” paparnya.

“Pada saat operasi kali juga ini, kita harus menjaga sikap karena “Operasi Mantap Brata Kapuas 2019” masih berlangsung, jangan karena Operasi ini membuat kegaduhan, tetap utamakan kesopanan, jaga terus kedamaian persatuan dan kesatuan NKRI ini, terus ciptakan kesejukan ditengah masyarakat dengan penindakan pelaku pelanggar lalu lintas yang humanis dan berikan pendidikan lalu lintas yang baik kepada masyarakat sehingga terciptanya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas, keselamatan adalah sebagai kebutuhan yang utama dalam berlalu lintas dijalan raya,” pesan Aang.

“Kita sudah melaksanakan Operasi dan kegiatan yang lebih besar dari ini dan sukses, Harapannya pada Operasi kali ini juga berjalan dengan sukses serta lancar dan Fatalitas kecelakaan lalu lintas dapat kita tekan lagi bila perlu Zero-kan. Kita akan membuat berbagai kegiatan Preemtif yang beredukasi seperti para pelanggar lalu lintas kita suruh menanam pohon karena kegiatan ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Bumi Sedunia dan banyak lagi kegiatan yang akan kita lakukan pada Operasi Keselamatan kali ini, tentunya memiliki nilai edukasi yang mendidik dan mengajak membuat perubahan kearah yang lebih baik lagi,” beber Kasat Lantas seusai menyampaikan materi. (HMS/Red)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *