Acara utama Seba Baduy digelar besok di Alun-alun Kota Rangkasbitung

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Perhelatan acara Seba Baduy dibuka tanggal 3 sampai 6 Mei 2019. Namun untuk acara utama Seba Baduy dilaksanakan Pada Sabtu (4/5/2019) besok di alun-alun Kota Rangkasbitung.

Sebanyak 30 Stan untuk beragam acara tambahan meliputi, Pameran produk kreatif, Parade Budaya, Talk Show, Workshop dan lainnya bertempat di sekitaran lingkungan kantor Pemda Lebak-Banten

Bacaan Lainnya

Seba Baduy adalah Upacara Adat Suku (Baduy Dalam) Terdiri dari tiga kampung baduy diantaranya Kampung Cibeo, Kampung Cikesik dan CiKartawarna.

Prosesi Seba Baduy nantinya mereka akan berjalan kaki sepanjang 115 Kilometer dari wilayah Baduy dalam menuju Kota Rangkasbitung untuk menemui Bupati Lebak yang mereka sebut dengan istilah “Emak Gede”atau Ibu Bupati.

Dalam perjalanan Sebanya, Rombongan Suku Baduy dalam dengan ciri khas ikat kepala berwarna putih akan didampingi oleh rombongan warga Baduy luar dengan ciri Khas ikat kepala warna biru bermotif Batik, Mereka berasal dari Desa Kanekes kecamatan Lewi damar Lebak – Banten

Kedatangan Mereka untuk mengantarkan hasil bumi sebagai pembaktian kepada pemerintah serta mengikuti jejak dan ajaran para leluhur mereka sejak Tahun 1839.

Usai menemui “Emak Gede” atau Bupati Lebak di Pendopo pemda lebak pada esok harinya rombongan mereka akan melanjutkan perjalanan menuju kantor Pemda Banten untuk menemui “Bapak Gede” atau Gubernur Banten guna melaksanakan Prosesi Seba Baduy selanjutnya.

Acara perayaan Seba Baduy yang digelar besok, Sabtu 4 Mei 2019 sekira pukul 14:00 diperkirakan bakal menjadi Event Spektakuler yang sangat menarik untuk dilihat secara langsung.

Ribuan orang Suku Baduy dalam bersama warga dari Baduy luar akan tiba secara rombongan dan berjalan kaki membawa hasil bumi dari tanah adat mereka.

Selain itu acara Seba Baduy besok juga akan menyajikan berbagai hiburan Tradisional seperti : Adu Ranji, Musik Sunda, Permainan Tradisional, Rampak Bedug, Calempung dan Wayang golek.

Pantauan Mitrapol.com dari Panggung Utama Acara Seba Baduy dikota Rangkasbitung- Lebak. Nampak Antusiasme warga dan para wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah kini sudah mulai berdatangan untuk menyaksikan langsung Acara Seba baduy besok. (Ubay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *