Pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Mimika berjalan molor, ini penyebabnya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pleno rekapitulasi dan penetapan hasil pemungutan suara tingkat kabupaten Mimika, Papua pada pemilihan umum Pilpres dan Pileg di hari ke-4 berjalan molor, Jumat (03/05/19)

Jadwal pada hari ini sedianya menghadirkan 4 Distrik (kecamatan) yakni Distrik Kuala Kencana, Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama dan Distrik Tembaga Pura, hanya Distrik Kuala Kencana yang berhasil diplenokan.

Bacaan Lainnya

Sementara Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama dan Distrik Tembaga Pura diundurkan Pada esok harinya (Sabtu, 04/05/19) dan nantinya digelar di Gedung Emeneme Yaware.

Distrik Kuala Kencana dimulai pada pukul 14:00wit namun molor hingga pukul 19:33 Wit, Rapat pleno yang dipimpin ketua KPU Indra Ebang Ola kembali diskors usai menetapkan pleno hasil suara Distrik Kuala Kencana.

Dalam rapat pleno Distrik Kuala Kencana, pimpinan rapat sekaligus ketua KPU Mimika melakukan skors sidang pasca pembacaan hasil pileg Kabupaten Mimika pada Distrik Kuala Kencana oleh Ketua PPD Kuala Kencana.

Skors dilakukan sebanyak empat kali termasuk skors akhir karena Bawaslu Mimika belum menerima salinan asli daftar rekapitulasi per kelurahan alias DAA1 sehingga Bawaslu Mimika meminta agar Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Kuala Kencana memberikan Salinan Asli Daftar rekapitulasi per kelurahan (DAA-1).

Di sela-sela skors berlangsung Ketua KPU, Indra Ola Ebang sebagai pimpinan rapat pleno rakpitulasi suara tingkat kabupaten sempat memanggil Panitia Pemilihan Distrik (PPD) pada Distrik lainya untuk dilakukan pleno namun PPD pada Ketiga Distrik dinyatakan belum lengkap dengan alasan ada sebagian Anggota PPD sakit dan sebagian lagi tidak bisa di hubungi.

“Sidang kita skors karena Distrik lainnya belum lengkap anggota PPD, sebagian sakit dan sebagian (anggota PPD) lagi tidak bisa dihubungi walaupun pihak berwajib sudah berusaha menjemput paksa,” ungkap ketua KPU Mimika saat memimpin pleno.

Dengan demikian hingga saat ini jumat, (03/5/2019) baru 13 Distrik dari 18 Distrik yang ada telah disahkan pleno penetapan rekapitulasi suara tingkat kabupaten Mimika, Papua, tersisa 5 Distrik lagi yang akan diplenokan di Gedung Emeneme Yaware yakni, Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama, Distrik Tembagapura, Distrik Mimika Baru dan Distrik Wania.

Ketua KPU, Indra Ebang Ola sebelum men skors pleno menyatakan, kelima distrik akan diupayakan selesai pada esok harinya bahkan akan berusaha menjemput paksa jika anggota PPD belum hadir.

“Kita akan lanjut kembali pada sabtu, (04/05) dan kita akan menjemput paksa bila anggota PPD belum ada,” tegas Indra Ebang Ola sambil menskors pleno. (AQM) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *