Bupati Lebak ajak warga sukseskan upacara adat Seba Baduy 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com,  Lebak –  Seba Baduy merupakan upacara tradisi adat dan budaya yang dilakukan rutin setiap tahun seperti simbol mereka dan sebagai tanda penghormatan sekaligus pembaktian kepada pemerintah.

Selain itu Seba Baduy juga punya History (sejarah) peninggalan dari nenek moyang mereka yang dijadikan wasiat para leluhurnya.

Bacaan Lainnya

Seba Baduy juga merupakan waktu tepat bagi mereka untuk menyampaikan aspirasi yang bisa langsung terdengar oleh Pemerintah dalam hal ini Bupati Lebak dan Gubernur Banten.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya Ketika ditemui Mitrapol.com di aula kantor pemda Lebak sambil dirinya bersiap untuk menyambut kedatangan warga Baduy meminta kepada semua Masyarakat Lebak agar turut mendukung prosesi upacara Seba Baduy tahun 2019 agar bisa berjalan lancar.

“Saya berharap kepada semua pihak,Kepada Masyarakat Lebak untuk membantu dan mendoakan supaya Acara Seba Baduy tahun 2019 dapat berjalan lancar,” kata Bupati Lebak,  Sabtu (4/5/2019).

Menurut Iti, Acara Seba baduy juga sangat penting supaya kita tahu lebih jauh tentang Kesenian, Adat dan budaya yang ada dikabupaten Lebak.

“Mas Budi Doremi saja, Artis, Datang ke Lebak pengen tau soal Seba Baduy, Masa kamu gak mau sih?” Ujar Iti sambil mencandai Budi Doremi disampingnya.

Budi Doremi menambahkan, Dirinya mengaku bangga bisa hadir dan merasakan nuansa Sakral penuh kerukunan dan kesederhanaan Orang Baduy.

“Saya bela-belain berpanasan nunggu mereka datang, Tadi Saya merasa cuaca panas luar biasa Sebelum mereka datang, Tapi sesudah mereka datang langit langsung gelap mendung dan kita lihat barusan langsung turun hujan,” tutup Budi Doremi.

Ratusan warga Baduy Dalam tiba sekira pukul 15:00 dan Saat tengan beristirahat diPendopo kantor Pemda Lebak, Sekaligus menunggu waktu acara inti Seba Baduy yang akan dijadwalkan malam ini pada pukul 20:00 WIB Lalu dilanjutkan dengan Pentas seni Wayang Golek. (Ubay) 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *