Ini imbauan Kasat Lantas Polres Metro Lampung terkait operasi simpatik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com Metro/Lampung – Jajaran Polres Metro Lampung bersiap untuk melaksanakan kegiatan operasi simpatik secara serentak diseluruh indonesia tanggal 06 hingga 19 Mei 2019.

Kasat Lantas Polres Metro Lampung AKP M.Kasyfi Mahardika,S.H.,S.IK ditemui Mitrapol, Sabtu (04/05/2019) menjelaskan hal-hal apa saja yang menjadi target dalam operasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Kasatlantas Polres Metro AKP M.Kasyfi Mahardika,S.H.,S.IK mewakili Kapolres Metro Lampung AKBP Ganda MH Saragih,S.IK mengatakan,

“Imbauan ini sudah saya jelaskan dalam apel kepada anggota, tetapi saya tidak pernah bosan menyampaikannya agar masyarakat disiplin dalam berkendara. Sebagai sasaran operasi simpatik ada 7 poin pelanggaran menjadi prioritas penindakan,” ungkap Kasatlantas Polres Metro AKP M.Kasyfi Mahardika,S.H.,S.IK mewakili Kapolres Metro Lampung AKBP Ganda MH Saragih,S.IK.

Tujuh pon pelanggaran itu yakni:

1. Tidak menggunakan helm SNI

2. Kendaraan yang melawan arus

3. Menggunakan alat komunikasi saat berkendara

4. Melebihi batas kecepatan

5. Tidak menggunakan sabuk pengaman bagi Roda empat

6. Berkendara belum cukup umur

7. Bekendara dibawah pengaruh minuman alkohol

Selama masa operasi simpatik di kedepan akan dilakukan tindakan Pre emtif dan preventif. Dengan jumlah persentase 20 persen penindakan berupa penilangan (kendaraan yang melanggar tetapi membahayakan pengguna jalan) dan 40 persen pre emtive dan 40 persen preventif.

Adapun pengertian kegiatan preemtive berupa himbauan petugas di lapangan kemudian pengertian kegiatan preventif berupa sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat yang terorganisir sebagai contoh (sekolah dan universitas serta instansi pemerintah daerah).

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan operasi simpatik ini guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,dapat menurunkan angka fatalitas di jalan.

Ditambahkan Kasatlantas, “Saya berharap warga Kota Metro Lampung agar selalu disiplin berlalu lintas bukan hanya selama masa operasi simpatik ini saja mematuhi aturan tetapi selamanya, jika perlu menjadi pelopor yang baik bagi pengendara lain dalam berlalu lintas di jalan raya,” tutupnya.(Muktaridi) 

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *