Bawang Putih di Pasar Sentral Ereke tembus hingga 70.000 per kilogram

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Buton Utara – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 2019 harga Bawang Putih di Pasar Sentral Mina-Minanga Kulisusu melonjak naik. Para pedagang menjual Bawang Putih per kilogramnya Rp 50.000 sampai Rp 70.000.

Salah satu pedagang bawang di Pasar Sentral Mina-Minanga Kulisusu yang tidak mau disebutkan namanya menuturkan, “kenaikan harga tersebut sudah sejak Minggu lalu. Lonjakan harga tertinggi terjadi Minggu ini.”

Harga Bawang Putih dan Bawang Merah keduanya mengalami kenaikan yang signifikan. Dari harga normal bawang putih Rp 30.000/kg naik 70.000/kg. Sedangkan Bawang Merah dari harga Rp 45.000/kg naik Rp 60.000/kg.

“Naiknya harga Bawang Putih sampai Rp 70.000 karena kurang stok dari Surabaya, Katanya belum keluar izin ekspornya dari Surabaya, makanya dia mahal. Kalau bawang merah banyak stoknya tapi naik juga harganya Rp 60.000,” ujar pedagang, Minggu (5/5/2019).

Sementara itu, Kepala Dinsperindag Butur AS Sabran mengatakan, kondisi harga di pasar menjelang puasa masih terkendali.

“Kalu kenaikan bawang putih ini secara nasional, dibeberapa derah juga begitu. Hanya memang di Baubau itu menurut informasi masih ada stok, kemarin sudah ada yang sanggup beli. Rata-rata naiknya harga menurut TPID stok kurang. Kalau untuk pasar murah nanti menjelang lebaran,” kata As Sabran saat dihubungi melalui sambungan selulernya beberapa waktu lalu.

 

 

David Wiridin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *