Pangkoarmada I Kunjungi Panglima Armada 7 US Navy Vice

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE.,MM, melaksanakan Kunjungan Kehormatan atau Courtessy Call (CC) kepada Panglima Armada 7 Us Navy Vice Admiral Philip G Sawyer di USS Blue Ridge yang sedang sandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (1/5).

Kehadiran Pangkoarmada I disambut langsung oleh Pangarmada 7 didampingi oleh Capt (Kol) Bernie Wang (pimpinan delegasi), CDR (Ltk) Greg Adams (Athan Laut Amerika), LCDR (Mayor) Greg Hinkle (ADC Pangarmada 7) dan Capt (Kol) Eric J. Anduze, Komandan USS Blue Ridge.

Pangarmada 7 mengucapkan selamat datang dan mengungkapkan perasaan senang atas kunjungan Pangkoarmada I. Menurutnya, Sebagai sesama Pangarmada, tentunya saling kenal lebih dekat merupakan keharusan agar tetap terjalin hubungan yang erat dan saling menguntungkan antar TNI AL dan US Navy.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa dengan cakupan wilayah perairan yang cukup luas sehingga Koarmada I mengemban tugas yang cukup berat karena meliputi tanggung jawab keamanan perairan yang sangat luas yang meliputi perairan Selat Malaka dan Selat Singapura yang sangat padat dan rawan tindak kejahatan di laut. Selain itu juga meliputi wilayah Perairan Natuna. Oleh karena itu, Peran Koarmada I menjadi penting dalam menjaga kawasan perairan dari tindak kejahatan, penyelundupan dan kegiatan ilegal lainnya di laut serta menjaga keamanan bernavigasi terutama di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I untuk kepentingan pelayaran.

Selanjutnya, Pangarmada 7 menyampaikan bahwa kehadiran mereka disekitar laut Natuna hanya melaksanakan kegiatan operasi rutin di wilayah Asia untuk melihat keseriusan Angkatan Laut Kawasan menjaga keamanan perairan dan apabila terdapat masalah maka US Navy tentunya siap membantu.

 

 

Rls/Desi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *