Polresta Palembang rilis nama dan foto 30 tahanan kabur

  • Whatsapp
Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah

MITRAPOL.com, Sumsel – Jajaran Polresta Palembang merilis 30 nama dan foto tahanan yang melarikan diri dari sel penjara di Mapolresta Palembang, Minggu (5/5).

Polisi mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan para buronan tersebut agar segera melapor kepada aparat berwajib.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah, mengungkapkan, pihaknya mengimbau kepada para tahanan yang melarikan diri dan keluarganya agar segera menyerahkan diri sebelum ditangkap petugas kepolisian.

Pihaknya tidak segan memberikan tindakan tegas apabila para tahanan kabur tidak segera menyerahkan diri atau bahkan melakukan perlawanan saat ditangkap.

“Foto dan namanya kita rilis di media, kepada masyarakat agar segera melapor ke pihak kepolisian sekitar apabila mengetahui keberadaan mereka. Kami imbau untuk para pelaku menyerahkan diri, kita tidak segan-segan untuk memberikan tindakan tegas,” ungkapnya.

Lanjut dia, tim khusus telah dibentuk untuk mengejar para buronan yang merupakan tersangka kasus narkoba. Pihaknya pun untuk sementara waktu merelokasi para tahanan yang mendekam di sel yang dijebol ke sel lain. Sementara saat ini terali jendela ventilasi yang dijebol tengah diperbaiki.

“Terali besi ventilasi udara di sel narkoba kamar nomor 1 rusak dan bengkok. Diperkirakan para tahanan melarikan diri dari lubang sekitar 30×40 centimeter. Usai keluar dari sel, para tahanan diperkirakan menaiki bangku kayu di tembok samping Mapolresta dan melarikan diri melalui gedung DPRD Kota Palembang. Hal tersebut terlihat dari bangku kayu yang rusak dan pagar kawat yang bengkok. Di sel itu ada 40 tahanan, 30 yang kabur. 7 sudah kita tangkap dan sekarang sedang diperiksa oleh Propam. Untuk kronologis masih didalami, kita fokus pengejaran dulu,” tambahnya.

Sebelumnya, diberitakan 30 tahanan yang mendekam di sel Mapolresta Palembang melarikan diri dengan cara menjebol terali ventilasi udara, Minggu (5/5) pukul 02.50 Wib dini hari.

Peristiwa tersebut diketahui oleh seorang petugas jaga yang mendengar teriakan dari salah seorang tahanan di dalam sel. Saat menghampiri sel, tahanan tersebut mengatakan kepada petugas jaga bahwa banyak tahanan yang kabur dengan cara merusak terali jendela ventilasi yang ada di ruangan tersebut. Dari 4 sel penjara yang ada di Mapolresta, terdapat 40 orang tahanan yang mendekam. Sebanyak 10 orang tidak melarikan diri, sementara 30 lainnya dilaporkan melarikan diri.

Adapun nama-nama tersangka yg sdh tertangkap kembali yakni M Suhandri bin Malikur, M lki Gunawan, Alvin Febriansyah, Hendri Romiyo, Zaim Fadli, Fahmi bin Zainal Abidin, Wahyu Budiman bin Kanalam

Untuk petugas Jaga tahanan dan personel yang melaksanakan piket pada saat kejadian, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh Propam.

 

 

Adri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *