Akhirnya suara Caleg Pemilu 2019 Mimika ditetapkan

by -184 views

MITRAPOL.com, Timika, – Penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika tahun 2019 berhasil ditetapkan dan disahkan.

Pemilu 2019 di Mimika, Papua melibatkan 6 Daerah Pemilihan (Dapil) yang tersebar pada 18 Distrik (kecamatan) di Mimika.

Sesuai data KPU Mimika, jumlah TPS pada Pemilu 17 April 2019 sebanyak 911 TPS, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 231.265.

KPU Mimika mencatat sebanyak 458 calon anggota legislatif atau caleg yang tersebar pada enam daerah pemilihan (dapil) bersaing ketat memperebutkan jatah 35 kursi DPRD Mimika periode 2019-2024.

Perincian alokasi kursi DPRD Mimika per dapil yakni Dapil I, enam kursi, Dapil II, 11 kursi, Dapil, enam kursi, Dapil IV, tiga kursi, Dapil V, enam kursi dan VI, tiga kursi.

Penetapan rekapitulasi suara tingkat kabupaten ini hanya untuk pemilihan anggota legislatif DPRD Mimika 2019 dilaksanakan di Graha Emeneme Yauware berakhir pada Jumat (10/5) dini hari, sekisar 03:00wit pasca penandatangan saksi-saksi.

Pada jalanya penetapan rekapitulasi suara hanya dibacakan tata tertib jalanya penetapan rekapitulasi suara oleh Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola,

Usai tata tertib dibacakan selanjutnya dibacakan perolehan suara pemilihan anggota DPRD Mimika per dapil yakni dari Dapil 1 hingga Dapil 6.

Selain perolehan suara caleg yang dibacakan juga Perolehan suara dari partai politik.

Usai perolehan suara dibacakan Ketua KPUD Mimika mengesahkan berdasarkan persetujuan bersama antara KPUD Mimika, Saksi-Saksi dari Partai Politik dan Bawaslu Mimika.

Jalanya penetapan rekapitulasi suara pileg tingkat kabupaten mimika ini berjalan mulus tanpa adanya sanggahan dari saksi partai politik maupun Bawaslu Mimika, Papua sehingga langsung ditetapkan dan disahkan.

Usai pengesahan rekapitulasi suara dilanjutkan dengan penandatanganan saksi-saksi dari partai politik.

Ketua KPUD Mimika, Indra Ebang Ola kepada awak media menyatakan setelah penetapan ini akan dilanjutkan ke Jayapura untuk dilakukan penetapan tingkat KPU-Provinsi dan selanjutnya lagi ketingkat KPU-RI sampai penetapan anggota dewan yang lolos berdasarkan pengesahan rekapitulasi di Mimika.

“Kita hanya punya kewenangan untuk mengesahkan apa yang telah diputuskan di tingkat Distrik (kecamatan) nanti yang memutuskan siapa yang menduduki kursi perlemen ditetapkan oleh KPU-RI”. Beber Indra.

Dirinya juga mengajak kepada para calon legislatif agar menerima hasil yang ditetapkan Nantinya.

“Mereka (caleg) hari ini yang kurang beruntung diharapkan agar menunggu pemilu berikutnya lagi sehingga dapat dipercaya dan dipilih oleh rakyat nantinya”. Tutupnya.

Indra Ebang Ola juga menyatakan setelah ini KPUD Mimika barsiap diri untuk menghadapi berbagai laporan maupun pengaduan yang akan dilayangkan oleh para caleg ke pihak terkait dalam hal ini Bawaslu maupun gakkumdu.

Penetapan rekapitulasi suara dihadiri langsung oleh Kapolres Mimika, Dandim 1707/Mimika, Bawaslu Provinsi Papua, KPU Mimika, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika, Perwakilan Partai politik dan Saksi-saksi dan dijaga ketat Aparat TNI/Polri.

 

 

Reporter : AQM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *