Jual-beli sisik, pria ini diamankan petugas kepolisian Polres Kotim

  • Whatsapp
Tersangka dan barang buktinya

MITRAPOL.com, Kotawaringin Timur – Satuan Reskrim Polres Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan penggerebekan sebuah rumah di Jalan Kopi Selatan Kelurahan Mentaya Baru (MB) Hulu Kecamatan MB. Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotim, Propinsi Kalimantan Tengah. Dalam pengerebekan ini polisi menyita barang bukti kulit satwa trenggiling, Kamis (09/05/2019) pukul 18.00 WIB.

Selain menyita kulit trenggiling, polisi juga menangkap pemilik barang bukti tersebut atas nama Rudi Santos. Polisi juga masih mengusut pihak-pihak lain yang terlibat dalam kasus perburuan satwa yang termasuk dilindungi ini.

“Dalam penggerebakan di jalan kopi, kita menyita sebanyak 13,125 Kg kulit atau sisik trenggiling,”ucap Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, S.IK.”

Kapolres menjelaskan, pengerebekan ini dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat tentang maraknya penjualan sisik trenggiling di daerah Sampit kemudian melakukan penyelidikan tentang adanya perdagangan organ satwa yang dilindungi ini.

Setelah memiliki informasi yang akurat, maka rumah di jalan kopi selatan ini digerebek. Saat dilakukan pengeledahan ditemukan barang bukti kulit binatang trenggiling yang juga bernama latin manis javanica.

“Kita masih menyelidiki dari mana tersangka mendapatkan barang bukti kulit tringgiling itu dan akan dipasarkan dimana,” jelas Kapolres.

“Untuk kepentingan penyelidikan selanjutnya terlapor dibawa ke Mapolres Kotim. Terlapor akan dikenakan undang undang pasal 40 ayat ( 2 ) jo psl 21 ayat 2 huruf b dan huruf d UU RI no 5 tahun 1990 tentang konversi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan ancaman hukuman 5 tahun.” tutup Kapolres.

 

 

Reporter : Abimanyu/Tedy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *