Ops Keselamatan 2019, Satlantas Polres Melawi dan Dishub buat 5 titik Zebra Cross

oleh -6 views

MITRAPOL.com, Kalbar – Dalam rangkaian kegiatan “Operasi Keselamatan 2019,” Satuan Lalu Lintas Polres Melawi dan Dinas Perhubungan membuat Zebra Cross. Setidaknya terdapat 5 titik yang sudah dibuatkan zebra cross oleh Satlantas dan Dishub, diantaranya depan Masjid Muhamddiyah, Traffic Light Tugu Juang dan tiga titik didepan sekolah SD, SMP serta SMA Negeri Nanga Pinoh.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.IK.,M.Si melalui Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.IP.,M.AP mengatakan, “Zebra Cross tersebut guna memberi hak bagi pengguna jalan raya, khususnya pejalan kaki yang hendak menyeberang,” jelasnya saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (09/5/2019) pagi.

Loading...

”Inovasi pembuatan zebra cross ini juga dilakukan agar menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kewaspadaan pengendara. Terlebih di lokasi-lokasi tersebut pada jam-jam tertentu cukup ramai dan padat. Mulai dari masyarakat yang hendak ke pasar maupun anak-anak berangkat serta pulang sekolah,” ungkapnya.

Tempat penyeberangan jalan bagi pejalan kaki ini, lanjut Aang, memang harus dibuat mengingat pengguna jalan bukan hanya pengendara bermotor saja. Namun banyak pejalan kaki tentunya mereka juga memiliki hak untuk melintas dengan keselamatan yang terjamin, tuturnya

“Zebra Cross ini dibuat agar masyarakat secara khusus para pelajar dan murid bisa tertib berlalu lintas serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” jelasnya.

Dirinya berharap, kesadaran masyarakat terhadap disiplin dan etika berlalu lintas di Kabupaten Melawi terus meningkat.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat tertib berlalu lintas, khususnya bagi Generasi Millennial,” ajaknya.

“Intinya kami membuat zebra cross, untuk memberikan rasa aman bagi pejalan kaki dan para pengendara kendaraan bermotor juga harus memberikan hak bagi pejalan kaki untuk melintas dengan aman, utamakan keselamatan bersama”, pesannya.

Dengan menyeberang jalan dengan zebra cross, sambung Aang, itu sudah menandakan bahwa masyarakat sadar betapa pentingnya untuk tertib berlalu lintas.

Sementara itu, Kadis Dishub Kabupaten Melawi Drs. H. Syamsul Arifin, M. Si menyampaikan apresiasinya atas sinergitas yang terjalin dengan baik oleh Satlantas Polres Melawi dan Dishub Kabupaten Melawi.

“Dengan membuat zebra cross kami juga menjaga keindahan kota, juga memperhatikan daerah-daerah yang rawan kecelakaan,” katanya.

Menurutnya, dengan membuat zebra cross maka itu sudah membantu, mendukung keamanan bagi para pejalan kaki untuk melakukan penyeberangan, pungkasnya.

 

 

Hms/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *