Lanjutan penetapan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Asmat digelar di Timika

by -71 views

MITRAPOL.com, Timika – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Asmat, Papua melanjutkan Pleno Penetapat Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Asmat di Graha Emenem Yauware, Timika, Papua. Minggu, (12/05/19) berakhir sekitar pukul : 18:00 WIT.

KPUD Asmat mengalihkan lokasi Pleno dari Asmat ke Timika karena terjadi bentrok di Agats, Kabupaten Asmat, Papua terkait Pemilu Serentak 2019.

Ketua KPUD Kabupaten Asmat, Veronikus Ase, kepada Mitrapol di Timika pasca Penetapan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten menyatakan,

“Kami (KPUD Asmat) melakukan Pleno di Timika karena adanya persoalan di Distrik suru-suru yang mana sebelumnya menggunakan hak (suara) orang lain tidak sesuai dengan hasil yang ada di TPS, sehingga Bawaslu Kabupaten Asmat merekomendasikan untuk menyesuaikan hasil (rekapitulasi suara) harus sesuai dengan yang ada di TPS, terkait rekomendasi tersebut ternyata dari Penyelenggara Pemilu Distrik (PPD) Distrik Suru-Suru tak mau menerima rekomendasi tersebut”. Beber Veronikus.

Veronikus menambahkan sesuai dengan PKPU Tahun 2017 terkait kode etik penyelenggara pemilu maka PPD Distrik Suru-Suru diberhentikan dan diambil alih oleh KPUD Asmat atas kinerja PPD Distrik Suru-Suru berdasarkan SK Pemberhentian

“Kami langsung mengeluarkan SK pemberhentian terhadap PPD Distrik Suru-Suru dan KPU Asmat mengambil alih pelaksanaan pleno tersebut,” tegasnya.

Kemudian, karena kondisi di Asmat tidak kondusif, maka pihaknya berkoordinasi dengan Kapolres Asmat untuk melakukan lanjutan pleno penetapan di Kabupaten Mimika.

“Kapolres Mimika dan jajarannya sudah membantu kami menyelesaikan pleno penetapan hasil rekapitulasi pemilu tahun 2019 di Timika dan hasil ini besok akan kami bawa ke Jayapura untuk dilakukan pleno tingkat provinsi,”

dirinya lebih lanjut mengatakan “Pasca pleno rekapitulasi di Asmat, sebanyak 6 TPS di Asmat telah dilakukan pemungutan suara ulang (PSU), ke-enam TPS tersebut yakni Distrik Agats 1 TPS, dan Distrik Akat 5 TPS, menurutnya Terjadi PSU karena mereka (PPD) melakukan (pencoblosan) menggunakan sistem noken sedangkan kami di Asmat belum ada aturan atau penguatan dari pusat untuk melaksanakan seperti itu, kami di asmat tetap secara nasional. Pungkasnya.

Ditempat yang sama, Markus Pasan, S.Pd, selaku Ketua Bawaslu Asmat mengatakan, hingga hari ini Bawaslu Asmat telah menerima sebanyak delapan laporan dan menurutnya ada empat laporan yang dikategorikan pelanggaran berat.

“Ada delapan laporan, empat laporan masuk kategori pelanggaran berat, nanti setelah penetapan pleno rekapitulasi ini akan kami tindak lanjuti laporan tersebut”. Tegas Ketua Bawaslu Asmat

Dirinya juga menyatakan Hingga saat Bawaslu Asmat belum mendapatkan temuan yang berarti pada Pemilu Serentak 2019.

Secara keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu di Kabupaten Asmat berjumlah 78.801 tersebar di 387 TPS
yang berada pada 19 Distrik, 221 Kampung dengan total calon legislatif DPRD Asmat berjumlah 367 yang hanya merebut 25 kursi DPRD Asmat.

Pantauan MITRAPOL dilapangan, rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Suara yang dijaga ketat aparat kepolisian dari Polres Asmat berlangsung aman.

 

 

Reporter : AQM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *