Pasar Rakyat Sibuea salah satu solusi mengatasi kemacetan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tobasa – Kepala Desa Sibuea, R. E. Sibuea mengungkapkan rasa bangganya dengan keberadaan Pasar Rakyat Sibuea di Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara yang dibangun pemerintah dan baru diresmikan oleh Wakil Bupati tobasamosir Ir.Hulman Sitorus. Senin (13/05/2019).

Selain menjadi tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli, pasar rakyat Sibuea akan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan. Pasalnya salah satu penyebab terjadi kemacetan selama ini diakui akibat banyak pedagang sembako, rempah-rempah, buah-buahan dan sayur-sayuran berjualan ditepi badan jalan kota Laguboti.

“Jadi kami bersyukur dan senang pasar rakyat Sibuea dibangun. Mudah-mudahan tidak ada lagi pedagang sembako, sayur-sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah berjualan ditepi jalan kota setelah pasar rakyat dibangun,” kata Kades Sibuea seusai acara peresmian.

Senada disampaikan Kepala Dinas Perinkop UKM Marsarasi Simanjuntak. Kemacetan dan kesembrautan kota Laguboti akan berkurang dengan keberadaan Pasar Rakyat Sibuea Laguboti. Karena pedagang buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya sudah masuk di pasar rakyat.

Karenanya, diharapkan pedagang jangan lagi ada berjualan di tepi badan jalan kota, khususnya pedagang sembako dan lainnya.

Untuk memastikan hal itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dikatakan sudah bisa melakukan penertiban ke depan sebagai tindaklanjut pemanfaatan pasar rakyat tersebut.

Wakil Bupati Hulman Sitorus mengatakan keberadaan Pasar rakyat Sibuea Laguboti akan dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat kedepan.

Tdak ada lagi pedagang sembako, sayur-sayuran, buah-buahan dan lainnya, berjualan di tepi badan jalan kota, karena hal itu selama ini diakui telah menimbulkan kemacetan dan kesembrautan kota.

Untuk itu para pedagang dihimbau menjaga kebersihan dan memelihara pasar. “Kebersihan itu sangat penting, karena pasar yang bersih dan nyaman, selain tempat bejualan bisa juga menarik minat wisatawan untuk berwisata apalagi pasar rakyat Sibuea Laguboti diakui Wakil Bupati memiliki desain yang bagus.

Kepada Satpol PP Wakil Bupati meminta supaya pemanfaatan pasar rakyat ditindaklanjuti dengan melakukan penertiban kota, sehingga tidak lagi sembraut seperti sekarang.

“Pedagang banyak memanfaatkan tepi badan jalan sebagai tempat berjualan. Kedepan jangan ada lagi seperti itu,” ujarnya.

 

 

Reporter : Abdi. S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *