Wakil Bupati Tobasa resmikan pasar rakyat Sibuea Laguboti

  • Whatsapp
Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus saat membuka papan slubung tanda diresmikannya pasar rakyat Sibuea Laguboti

MITRAPOL.com, Tobasa – Wakil Bupati Tobasamosir Ir. Hulman Sitorus meresmikan Pasar Rakyat Sibuea Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, Senin (13/05/2019).

Pasar rakyat yang dibangun tersebut menelan biaya Rp. 5.6 M bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2018.

Peresmian Pasar Rakyat Sibuea tersebut ditandai dengan pembukaan selubung plank pasar dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Hulman Sitorus bersama Kadis Perinkop UKM dan tokoh masyarakat Desa Sibuea.

Kepala Dinas Perinkop UKM Marsarasi Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan, pemanfaatan pasar rakyat, merupakan tanda bahwa pasar rakyat sudah selesai dibangun dan pedagang sudah dapat menempatinya.

Wakil Bupati Tobasa didampingi Kadis Prinkop UKM, dan Camat Laguboti saat meninjau lokasi pasar

Dijelaskanya, Pasar Rakyat Sibuea Laguboti yang pembangunannya dilaksanakan dari tanggal 13 September hingga 31 Desember 2018 memiliki fasilitas kios 12 unit, los kering 108, los basah 81, kantor pengelola 1 unit, ruang klinik 1 unit, ruang menyusui 1 unit, ruang potong ayam 1 unit, gudang 1 unit, kantin 1 unit, gudang sampah 1 unit dan KMCK 2 unit.

“Daya tampungnya sebanyak 189 pedagang, 81 pedagang basah dan 108 pedagang kering,” terangnya.

Camat Laguboti Nelly AD L.Tobing dalam sambutannya mengaku bangga Pasar Rakyat Sibuea dibangun di Laguboti. Sebagai bentuk ucapan syukur dan terimakasih kepada pemerintah, Camat menghimbau para pedagang supaya memanfaatkan pasar sesuai peruntukannya dan menjaga kebersihannya.

“Jaga kebersihan los/kios masing masing dan keamanan pasar rakyat, agar kita semua nyaman memanfaatkannya. Jangan menunggu petugas lalu membersihkan pasar. Kita harus aktif, karena jikalau pasar bersih dan aman, kita juga yang merasakannya,” katanya.

Diakhir sambutannya, Camat Laguboti berpesan agar pedagang makanan hendaknya ada yang menjual makanan khas batak yang saat ini sudah sulit dijumpai ditengah tengah masyarakat sehingga makanan yang bersifat kearifan lokal kembali membudaya.

“Buatlah jualannya penuh inovasi, beragam dan mari kita tumbuhkembangkan jenis makanan kearifan lokal kita,” ujar camat.

Tokoh masyarakat Desa Sibuea, Sahat Sibuea mengaku sangat bangga dan berterimakasih pasar rakyat Sibuea dibangun. “Pasar ini adalah salah satu pasar modern di Kabupaten Tobasa. Untuk itu mari jaga kebersihan dan keamanan pasar,” pintanya.

Kepada pemerintah, Sahat mengusulkan saluran drainse Kota Laguboti diperbaiki sehingga lingkungan kota bersih dan nyaman bagi semua masyarakat.

Wakil Bupati Hulman Sitorus, mengaku bersyukur pembangunan pasar rakyat Sibuea berjalan baik dan lancar. Hal ini dikatakan tidak terlepas dari kesatuan warga Desa Sibuea untuk mendukung pembangunan pasar.

“Memang melihat perkembangan dan kemajuan yang begitu pesat saat ini, kita semua harus berubah menuju kemajuan, supaya kita tidak menjadi penonton. Kita harus menyesuaikan diri, mengikuti perkembangan jaman. Kita harus kerja keras supaya kita maju,” katanya.

Diakhir arahannya, Wakil Bupati Hulman Sitorus meminta semua pedagang untuk menjaga kebersihan dan merawat pasar ini.

 

 

Reporter : Abdi. S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *