Monitoring keberhasilan Poktan, Wabup Tobasa lakukan kunjungan kerja

oleh -12 views
Wakil Bupati Tobasamosir Ir. Hulman Sitorus saat memberikan arahan dan bimbingan kepada warga masyarakat dan Poktan Desa Longat Kec. Balige.

MITRAPOL.com, Tobasa – Wakil Bupati Toba Samosir Ir. Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke desa Longat, kecamatan Balige, Rabu(15/05/2019). Kunjungan kerja tersebut, sebagai bentuk monitoring atas keberhasilan Kelompok Tani (Poktan) binaan Dinas Pertanian kabupaten To

basa, sekaligus untuk mengetahui progres bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan bantuan lainnya yang diberikan pemerintah serta permasalahan yang dihadapi para petani di daerah itu.

Loading...

Mengawali pertemuan, Kadis Pertanian Sahat M Manullang SP, melaporkan sejumlah bantuan yang telah diberikan kepada 3 Poktan, yakni Poktan Baringin, Galung Pea Dapdap dan Sigiro yang ada di desa Longat, seperti bantuan pengembangan bantuan benih padi pada tahun 2018, benih ternak babi, bibit bawang tanah dan hand traktor.

Atas ketekunan dan keberhasilan Poktan binaan Distan di desa itu, Poktan Baringin akan menerima bantuan benih bawang putih yang bersumber dari APBN.

Kepala Dinas Pertanian tobasa Sahat M. Manullang saat memberikan sambutan

“Kunjungan kerja ke desa Longat ini untuk melihat sejauh mana keberhasilan bantuan fisik maupun non fisik yang diserahkan distan,” terangnya.

Pengembangan bantuan benih padi dengan angka capaian panen 9 ton pada tahun 2018, bantuan 1 unit hand traktor, pengembangan ternak babi serta bantuan bibit bawang merah.

Lebih lanjut diterangkan Sahat, bantuan bibit bawang merah sebanyak 250 kg, dikucurkan dari APBN yang awalnya ditanam di salahsatu lahan dengan luas kurang lebih 1/2 ha, telah dipanen dan ditempatkan di satu penangkar untuk dapat dikembangkan dan dibagi kepada beberapa kelompok yang saat ini dikembangkan oleh masing masing kelompok tersebut.

Pada pertemuan tersebut, masing masing perwakilan poktan diberi kesempatan untuk menyampaikan keberhasilan dan permasalahan yang dihadapi poktan serta harapanya kepada pemerintah.
Seperti yang disampaikan perwakilan anggota Poktan Baringin, mengaku sangat senang atas kunjungan Wabup, sekaligus menerangkan pengolahan dari bantuan bawang merah hingga masa panen dengan capaian 8 s/d 9 ton per rante dengan harga jual minimal Rp.18 ribu/kg nya.

Camat Balige Pantun Pardede saat memberi sambutan lebih memotivasi serta mengingatkan warganya agar tidak senantiasa bergantung kepada pemerintah, namun lebih kepada pemberdayaan masyarakat melalui kelompok tani, agar dapat bangkit dan mengurangi berbagai keluhan.

Wakil Bupati tobasa Ir. Hulman Sitorus dalam arahan dan bimbingannya kepada masyarakat dan poktan yang hadir untuk tidak terlena menghadapi perubahan yang amat sangat pesat. Kearifan lokal dan potensi yang ada harus dimanfaatkan demi peningkatan kesejahteraan.

“Perubahan jaman dan kemajuannya saat ini yang terjadi amat sangat pesat, saya berharap kita tidak hanya menjadi penonton didaerah kita ini, mari kita kembangkan potensi yang ada. Saya berharap, aktivitas kelompok dapat meningkatkan pendapatan tanpa bergantung kepada pemerintah, rakyat harus bisa meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Hulman Sitorus.

Jika ada masalah mengenai pertanian, segera melaporkanya kepada penyuluh pertanian untuk dapat dicari solusinya dan ditindak lanjuti oleh Distan terangnya.

Hadir mendampingi wabup mengikuti kegiatan tersebut Kepala BKD Kasten Panjaitan, Kabag humas Robinson Siagian, Kades dan perangkat desa Longat.

 

 

Reporter : Abdi. S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *