Tingkatkan pelayanan, Bea Cukai Palembang luncurkan aplikasi e-CD

by -26 views

MITRAPOL.com, Sumsel – Meningkatkan pelayanan kepabean di Bandara khususnya terminal kedatangan Internasional yang lebih baik dan mengurangi waktu antrian, Bea Cukai Palembang meluncurkan aplikasi e-CD (Electronic Customs Declaration) menggantikan Customs Declaration manual yang telah berjalan selama ini.

Peluncuran aplikasi e-CD digelar di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Rabu (15/5).

Seperti yang diketahui, Customs Declaration merupakan dokumen pabean berbentuk formulir yang wajib di isi penumpang yang tiba melalui penerbangan Internasional, yang fungsinya memberitahukan barang bawaan yang dibawa dari luar negeri kepada petugas.

M Agus Rofiudin, Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sumbagtim, mengungkapkan bahwa aplikasi ini merupakan inovasi baru dari Bea Cukai, dan sebuah terobosan dalam mengikuti perkembangan dunia IT.

“Cukup dengan smartphone, penumpang dapat mengisi Customs Declaration. Sehingga mempermudah penumpang untuk tidak lagi mengantri,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini aplikasi e-CD baru diterapkan di 4 Bandara Internasional.

“Yakni Bandara SMB II Palembang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta,” tambahnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Palembang, Meidy Kassim, menuturkan Bandara Internasional SMB II melayani penerbangan regular dari Singapore dan Malaysia. Selain itu juga dari Jedah untuk penerbangan Haji dan Umrah. Sebulan jumlah penerbangan sebanyak 60 flight dengan jumlah penumpang rata-rata 10.000 orang.

“e- CD hadir membawa kemudahan untuk penumpang maupun maskapai, karena waktu yang diperlukan untuk menyampaikan pemberitahuan pabean lebih cepat dibanding Manual Formulir Customs Declaration. Sesuai tagline kita Cepat dan Ga Ribet, dan Aplikasi ini sudah bisa kita install di ponsel Android dan Iphone,” tuturnya.

Sementara itu, Fahroji, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional SMB II Palembang, mengapresiasi hadirnya aplikasi e-CD yang membuat lebih efisien.

“Penerapan e-CD ini merupakan langkah pengamanan barang-barang yang dibawa penumpang,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Fia/Adri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *