Amankan 1 kg sabu, BNNK Pidie selamatkan 5000 jiwa dari bahaya narkoba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sigli – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pidie berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu di Gampong Tuha Lala Kecamatan Mila kabupaten Pidie, pada Minggu (16/5/2019) malam.

Demikian disampaikan Kepala BNN Kabupaten Pidie AKBP. Werdha Susetyo, SE, saat menggelar konfrensi pers di Kantor BNN Kabupaten Pidie, Jum’ at (17/5/2019), Sore.

Menurutnya Sabu seberat 1 kg itu berhasil diamankan dari tangan tersangka M (26) yang merupakan jaringan narkoba antar provinsi Aceh – Sumut melalui via jalur darat.

“Awalnya petugas mendapat informasi akan adanya transaksi narkoba di wilayah kecamatan Mila, mendapat laporan itu, saya bersama Tim pemberantasan BNNK Pidie dan di Back up oleh Personil Polsek Mila pun menyebar untuk mencegat laju pelaku M yang saat itu di jemput oleh temannya Dengan inisial MZ alias “si Kop” dalam perjalanan dari Pasar Beureunuen menuju Gampong Tuha Lala Kecamatan Mila,” terangnya.

Ia menambahkan, pelaku M sebagai kurir sabu berhasil diamankan di rumah milik kakaknya yang berlokasi di Gampong Tuha Lala Kecamatan Mila Kabupaten Pidie.

“Saat tim memasuki Wilayah Tuha Lala Kecamatan Mila Kabupaten Pidie, tim meyakini bahwa “M” ini berada di rumah milik kakaknya yang tidak jauh dengan rumahnya, penggeledehan ini juga disaksikan oleh Sekdes Gampong Tuha Lala,” terangnya.

Sementara itu, petugas mengamankan barang haram tersebut yang disembunyikan di dalam tumpukan sampah dengan di balut ikan asin yang berada belakang rumah.

Dari pemgakuan M, bahwa barang haram tersebut rencananya akan diedarkankan di wilayah kecamatan Mila dan wilayah Kabupaten Pidie pada umumnya, namun AKBP Werdha Susetyo, SE, menguraikan, dengan pengungkapan dan penangkapan bandar atau pengedar narkoba tersebut maka 5000 orang dapat terselamatkan dari bahaya narkoba.

“Dengan pengungkapan kasus ini maka kami dapat menyelamatkan generasi masyarakat di kabupaten Pidie dari bahaya narkoba sebanyak 5000 orang,” katanya.

Selain mengamankan barang bukti narkoba jenis Sabu seberat 1 Kg, BNN Kabupaten Pidie juga mengamankan, 1(satu) lembar uang Ringgit Malaysia pecahan RM. 50, 19 (Sembilan belas ) lembar uang pecahan Rp. 100.000, 1(satu) unit sepmor Honda Beat warna Putih BL 9 410 N, 1(satu) unit hp jenis Nokia warna Hitam, 2(dua) lembar kartu ATM BRI, 1(satu) lembar Kartu ATM Mandiri VISA, dan 1 (satu) lembar KTP an. Inisial M

Pelaku terancam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2019 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman minimal seumur hidup dan maksimal hukuman mati.

Kepala BNNK Pidie juga mengapresiasi langkah yang dilakukan warga dengan melaporkan tindakan penyalahgunaan narkoba dilingkungannya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Mila yang selalu koperatif dan memberikan informasi tentang keberadaan para bandar/pengedar/pengguna serta pembeli/penikmat narkoba yang sudah sangat meresahkan ini,” tutupnya.

 

 

Reporter : Safdar. S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *