Kodim 0411/LT amankan bentrok antar kampung

  • Whatsapp
Kasdim 0411/LT Mayor Ucok Namara bersama Kapolres Lampung Tengah saat memberikan himbauan kepada warga yang bentrok di Kampung Buyut Udik, Sabtu (18/05/19).

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Mengantisipasi kerusuhan di wilayahnya, Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,SE.,M.Si memerintahkan seluruh Prajurit Kodim 0411/LT untuk segera mengantisipasi informasi adanya konsentrasi massa di Dusun Sari Agung Kampung Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lamteng, Jumat (17/05/2019). Pukul 22.30 Wib

Kodim 0411/LT menerima informasi adanya konsentrasi masa yang diperkirakan akan saling serang antara warga pribumi (Suku Lampung) Desa Buyut Udik dengan warga Dusun Sari Agung (Suku Jawa) dibantu kelompok Pengamanan Bersama (Pambers).

Adapun kronologis kejadian yaitu pada tanggal 17 April 2019 disaat penghitungan suara Caleg di dusun Sari Agung ( TPS 10) terjadi pemukulan terhadap Ketua KPPS (Az) oleh Tim sukses salah satu Caleg (Za) yang diduga memperoleh suara yang tidak diharapkan.

Anggota Kodim 0411/LT saat melakukan pengamanan di wilayah bentrok Kampung Buyut Udik Lampung Tengah.

Perselisihan tersebut langsung dimediasi oleh Kepala Kampung Johansyah dan dinyatakan selesai sehingga dilanjutkan kegiatan di PPS kembali, lalu pada pukul 22.00 Wib (Az) kembali menerima penganiayaan oleh 4 (empat) orang warga Kampung Buyut Udik Induk.

Penganiyaan disinyalir adalah tim sukses caleg (Za) didepan rumah miliknya, selanjutnya (Az) dan tetangga sekitar melakukan perlawanan, dikarenakan tidak seimbang maka para pelaku melarikan diri ke Kampung Buyut Udik dengan meninggalkan 2 unit sepeda motor di depan rumah (Az).Kemudian kendaraan tersebut sudah diamankan di Polres Lampung Tengah.

Melihat Kodisi wilayah pada pukul 22.30 Wib terjadi konsentrasi massa di Dusun Sari Agung mencapai sekitar 1.000 orang maka Dandim 0411/LT tidak menginginkan hal terburuk terjadi di wilayah binaannya,Maka 70 personel dipimpin langsung oleh Kasdim 0411/LT Mayor Inf Ucok Namara segera meluncur ke lokasi pengkonsentrasian warga tersebut dan bergabung bersama 300 personel Polres Lamteng yang dipimpin oleh Wakapolres Lamteng Kompol Kompol Harto Agung Cahyono.

Kemudian pada Sabtu tanggal 18/05/19 pukul 01.25 Wib terjadi masa Kampung Buyut Udik melakukan pengerusakan 4 rumah warga dusun Sari Agung. Namun situasi berhasil diredam dengan melakukan blokade oleh anggota Kodim 0411/LT dan Polres Lampung Tengah.

Selanjutnya pada pukul 02.20 Wib Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma,S.IK,.M.Si didampingi Kasdim 0411/LT berhasil meredakan situasi dengan memberikan himbauan kepada keduabelah pihak warga yang bertikai untuk mundur ke kampung masing-masing dan akhirnya membubarkan diri.Sampai saat ini situasi dan kondisi di lokasi kondusif.

Selanjutnya gabungan personel Kodim 0411/LT dan Polres Lamteng melakukan penjagaan bersiaga di lokasi dan membantu warga membersihkan kaca rumah warga yang rusak serta membantu evakuasi warga yang sakit, orang tua usia lanjut dan anak-anak.

 

 

Reporter : Muktaridi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *