257 tersangka pelaku kerusuhan diamankan Polisi

by -156 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Jajaran kepolisian Polda Metro Jaya telah menetapkan sebanyak 257 orang pelaku kerusuhan menjadi tersangka. Rabu (22/5) malam.

Ratusan tersangka tersebut diamankan pihak kepolisian dari sejumlah titik kerusuhan, yaitu di depan Bawaslu, di wilayah Petamburan, dan di wilayah Gambir.

Dari tiga TKP tersebut telah dilakukan penangkapan orang-orang atau sekelompok massa yang melakukan kerusuhan.

“Ada 257 tersangka yang buat kerusuhan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/5) malam.

“Di Petamburan para tersangka melakukan pembakaran mobil dan penyerangan asrama,” ujar Argo.

Dari para pelaku, kata Argo, Polisi telah menyita sejumlah barang bukti diantaranya, Celurit, Anak panah, dan sejumlah uang.

Argo menambahkan, Polisi saat ini tengah memburu aktor intelektual yang menyuruh para tersangka melakukan kerusuhan.

Ia menjelaskan para tersangka akan dijerat dengan sejumlah pasal. Khusus untuk pelaku kerusuhan di Petamburan ada tambahan pasal pembakaran.

“Yang bersangkutan dikenakan pasal 170 KUHP dan pasal 212, 214, 218, dan untuk di petamburan ada pasal 187 yaitu pembakaran,” tandasnya
Saat ini polisi memberlakukan Siaga 1 di Jakarta menyikapi hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Kerusuhan di depan Bawaslu RI berlanjut hingga Rabu (22/5) siang, merembet ke kawasan Petamburan dan Tanah Abang, Jakarta Pusat karena massa dipukul mundur dan diupayakan bubar oleh polisi.

Kerusuhan massa itu terkait hasil rekapitulasi Pemilu 2019 yang telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di mana Jokowi-Ma’ruf (paslon nomor urut 01) mengalahkan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

 

Suhatman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *