Senjata canggih diduga akan digunakan pada 22 Mei

by -129 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Polisi menangkap sejumlah orang yang diduga ingin membuat kerusuhan saat aksi demonstrasi 22 Mei. Dari hasil tangkapan yang dilakukan pada 19 Mei itu polisi menemukan senjata jenis M4 yang diduga akan digunakan pada 22 Mei.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, jenis senjata tersebut terbilang canggih karena bisa dilengkapi dengan teleskop yang biasa digunakan oleh sniper. Selain itu, senjata jenis tersebut memiliki peredam suara.

Polisi beranggapan ada oknum yang ingin memanfaatkan situasi melalui modus penciptaan kesan adanya martir di kalangan demonstran, saat martir muncul ke permukaan publik maka akan ada muncul kemarahan besar di para demonstran, yang bisa kemungkinan berakibat semakin membesar gerakan demonstran di berbagai daerah.

“Sebelumnya Polri sudah menangkapi sejumlah orang yang bermaksud membuat kerusuhan 22 Mei,” ujar Tito saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Polisi juga menangkap tiga orang sebelum aksi demonstrasi 22 Mei. Dari penangkapan itu polisi menyita senjata revolver jenis taurus beserta peluru sebanyak dua dus atau 60 butir. “Pengakuan mereka juga sama akan dipakai nanti tanggal 22 Mei,” ucapnya.

Menurutnya, senjata itu bisa dipakai ke sejumlah pihak, termasuk ke arah massa aksi. Tujuannya agar memancing kemarahan masyarakat.

Polisi meminta agar masyarakat tetap tenang tidak langsung apriori dan langsung menuduh aparat keamanan yang melakukan tindakan-tindakan tersebut.

“Kita memiliki SOP sendiri dan kita sudah tegaskan untuk berita-berita yang tidak disampaikan seperti menembak di tempat dari Kapolri. Saya tidak pernah menyampaikan itu,” ucapnya.

 

 

Suhatman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *