Batalyon Mandala Yudha Kostrad serahkan bantuan kepada Korban banjir bandang

by -59 views

MITRAPOL.com, Lebak – Kecamatan Sajira dan Muncang merupakan wilayah yang terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor akibat dari hujan berintensitas tinggi dibagian hulu sungai Cilaki pada Selasa (21/5/2019) lalu.

Curah hujan yang lebat dan lama disertai dengan alam yang tidak bersahabat sehingga ada peningkatan debit air tinggi dan terjadi bencana banjir bandang yang disertai tanah longsor, terjadi pada, Rabu (22/5/2019) malam sekitar pukul 18.50 WIB

Akibat Banjir bandang tersebut, banyak rumah yang berada disepanjang bantaran sungai terbawa arus amukan sungai Cilaki, termasuk sebuah pondok pesantren Salafiyah yang ikut tersered arus bahkan fisik bangunan fasilitas umum (fasum) seperti badan jalan, jembatan, pagar sekolahan dan sarana peribadahan juga turut hancur seketika.

Selain itu, Curah hujan yang cukup lebat dengan waktu yang cukup lama menjadikan kontruksi tanah bergerak dan labil, Akibatnya bencana banjir bandangpun semakin diperburuk dengan puluhan titik longsor menutupi akses jalan poros desa seperti terjadi di desa Maraya di kecamaran Sajira.

Meski tidak memakan korban jiwa, namun banjir bandang yang disertai tanah longsor itu cukup banyak merugikan warga.

“Terdapat 4 Desa di Kecamatan Sajira dan 8 Desa di Kecamatan Muncang yang terkena dampak banjir bandang sehingga mereka kehilangan tempat tinggal. Melihat kejadian tersebut kami dari Batalyon Mandala Yudha Kostrad dengan segera dengan rasa kemanusiaan yang tinggi langsung turun tangan kelapangan sekaligus menemui masyarakat di bantaran kali Cilaki,” ujar Lettu Inf Teddy Sofian.

Bersama dengan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cab XXIX Mandala Yudha yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit Ibu Rina M. Asmi dan Wakil Ketua Ibu Arum Arynovian beserta pengurus lainnya juga Pjs. Kasiter Yon Mandala Yudha Lettu Inf Teddy Sofian meninjau ke lokasi banjir dan ternyata sangat memprihatinkan.

“Adapun maksud dan tujuan kami, yaitu dibulan Ramadhan yang penuh Berkah ini, kita harus saling berbagi dan membantu terutama bagi mereka yang mendapat musibah akibat banjir bandang kemarin,” ujar Ketua Persit KCK Cab XXIX Ibu Rina M. Asmi.

Senada dengan Lettu Inf Teddy Sofyan, Kehadiran Batalyon Mandala Yudha kesini utk meringankan beban mereka sekaligus memberikan motivasi agar semangat kembali terutama dihari raya Idul Fitri nanti, mereka harus bisa sama-sama merayakan bersama umat lainnya.

“Kami memberikan bantuan sembako, baju anak-anak dan dewasa, popok anak-anak, Al Qur’an, biscuit, susu, selimut dan makanan bayi serta sedikit uang untuk korban banjir bandang, semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban mereka selama mendapat cobaan dari Allah SWT dan tetap selalu sabar, amin ya rabbal alamin,” Pungkas Lettu Inf Teddy Sofian

 

 

Reporter : Ubay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *