Empat puluh sepeda motor dengan knalpot blombongan terjaring razia

by -37 views

MITRAPOL.com, Palangka Raya – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Palangka Raya melakukan razia terhadap sejumlah motor yang menggunakan knalpot blong atau racing di wilayah hukumnya.

Pihaknya menerjunkan sekitar 30 personil dengan sasaran diwilayah titik rawan yang diduga akan dilakukan untuk balap liar.

Alhasil, empat puluh sepeda motor terjaring dengan knalpot racing diamankan di Pos Polisi Bundaran besar kota Palangka Raya, Sabtu (25/5/2019) pukul 21.30 WIB.

“Puluhan kendaraan yang terjaring razia langsung kami amankan dan dikenakan tilang. Hal itu dilakukan agar tidak menggangu masyarakat dan knalpot yang tidak sesuai standard agar tidak lagi digunakan,” jelas Kasatlantas Polres Palangka Raya AKP Anang Hardiyanto, S.I.K melalui Kanit Patroli Satlantas Ipda I Made Adyana.

Belakangan ini banyak ditemui pengendara sepeda motor yang tidak lagi menggunakan knalpot standard. Mereka menggantinya dengan knalpot racing yang telah didesain dengan model yang beragam. Ada indikasi kuat pemakai knalpot racing sering kali ugal-ugalan dan balapan liar.

“Knalpot racing yang berisik dan memekakkan telinga dapat menganggu kenyamanan dalam berlalu lintas pengendara lain dinyatakan sebagai bagian dari pelanggaran lalu lintas,” imbuhnya.

“Sudah sering kami himbau dan kami tindak, namun masih ada saja yang menggunakannya, jadi langsung saja kami tindak tegas supaya tidak mengulangi dan menggunakan knalpot racing lagi,” tegas Made.

 

 

Reporter : Abimanyu/Tedy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *