Posting ujaran kebencian dan Hoax Warga Jalan Dr Murjani diciduk Polisi

by -54 views

MITRAPOL.com, Palangka Raya – Tim patroli cyber Bhidhumas Polda Kalteng mengamankan seorang laki-laki yang diduga telah menyebar berita Hoax dan ujaran kebencian di akun Facebook.

Hardianor alias Annoy (23) Warga Jalan Dr. Murjani dibina di Humas Polda Kalteng. Setelah dilakukan pembinaan agar bijak bermedia sosial, selanjutnya diserahkan ke Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Kalteng untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Sabtu (25/5/2019) malam.

Hardianor dijemput di rumahnya, setelah Tim Patroli Cyber Bidhumas Polda Kalteng menemukan akun facebook dengan nama Nuy banyak memosting hoaks dan ujaran kebencian.

Menurut pengakuannya, dia memosting hoaks dan ujaran kebencian sejak enam bulan yang lalu. “Ulun (bahasa Banjar yang berarti saya, red) memosting berita, foto, video dan meme hanya sekedar memosting. Dapat kiriman dari teman di facebook langsung saya bagikan,” ujar pemuda yang baru satu tahun menikah ini.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Anang Revandoko melalui Kabidhumas Kombes Pol Hendra Rochmawan, S,IK.,MH, mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bijak bermedia sosial, Saring sebelum Sharing dan Stop HPUS (Stop Hoaks, Stop Pornografi, Stop ujaran kebencian dan Stop SARA).

“Kalau ada yang menerima berita atau foto atau video yang belum jelas kebenarannya, tolong jangan langsung dibagikan atau jangan langsung dishare tapi tanyakan dulu kepada pihak terkait atau tanyakan dulu kepada Humas Polda Kalteng melalui Nomer Wa : 081258255440,” pintanya.

Ditambahkannya, Tim Patroli Cyber Bidhumas Polda Kalteng akan selalu memantau semua platform media sosial guna menciptakan kondusifitas di dunia maya.

“Kami melaksanakan patroli bukan hanya di dunia nyata tapi di dunia maya pun selama 1×24 jam kami juga melaksanakan patroli dengan sangat intensif. Hal ini kami lakukan guna menciptakan ketentraman dan kesejukan di dunia maya,” tutup mantan Kepala SPN Tjilik Riwut ini.

 

 

Reporter : Abimanyu/Tedy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *