Walikota Tangsel buka acara kampung Ramadhan Situ Parigi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tangsel – Acara Kampung Ramadhan 1440 Hijriyah kembali digelar dikawasan destinasi “Situ Parigi” di kecamatan Pondok Aren kota Tangerang selatan selama dua hari, Jumat dan Sabtu 24 – 25 Mei 2019.

Acara kampung Ramadhan mengangkat sebuah kearifan panganan lokal yang nyaris punah akan diangkat dan ditampilkan sebagai produk UKM yang bergerak mengolah makanan ciri khas betawi

Ide kampung Ramadhan digagas M. Yasin, Moge Andrean dan Abaw Kelana selaku pemerhati lingkungan dan budaya tergabung didalam Yayasan Situ Parigi Lestari (YSPL) Tangerang selatan sebagai bamper yang mendukung Suhanda Kimpo, Siapa dia?

Suhanda Kimpo atau biasa dipanggi Bang Kimpo adalah sosok yang disegani di wilayah Pondok Aren – Tangsel, bukan karena arogansinya namun tokoh pemuda ini cukup selon, tapi memiliki jiwa sosial tinggi

Bang Kimpo berani merogoh kocek hingga ratusan juta bahkan kekurangannya dia rela menjual rumah pribadi untuk menbiayai Situ Parigi, sehingga Situ Parigi yang semula kumuh kini berubah menjadi objek destinasi dan budaya betawi.

“Saya mau berbuat di tanah kelahiran, ya, sukur-sukur kalo bermanfaat buat orang banyak,” ucap Bang Kimpo singkat.

Selama puluhan tahun Situ Parigi menjadi muara sarang tumpukan sampah, setelah tiga tahun disentuh tangan dingan Bang Kimpo, melalui penanaman ribuan jenis pohon produktif disulam tanaman bunga dan di bangun Paving Blok sebagai Joging Track sepanjang 2000 Meter hingga nampak 90 derajat perubahan secara signifikan.

Tidak hanya itu, dibantaran Situ Parigi dibangun rumah budaya Betawi dan Musholah, untuk kegiatan para seniman Betawi seperti Lenong Betawi, Ondel-Ondel dan lainnya.

Tentu tidak semudah itu, selama prosesnya ada saja segelintir orang mengira yang dilakukan bang Kimpo merupakan spekulasi bisnis. namun fakta – fakta kecil bisa menjawab pola pikir negatif.

Acara kampung Ramadhan yang diprakarsai Yayasan Setu Parigi Lestari (YSPL) dan didukung oleh Pemkot Tangerang Selatan, meliputi Dinas Pariwisata dan Dinas Koperasi, Acara yang diawali dengan prosesi gunting pita oleh Hj. Airin Rachmi Diany, SH.,M.Kn.,MH sebagai tanda dibukanya acara kampung Ramadhan 1440 Hijriyah pada Jum’at, 24 Mei 2019.

Airin, hadir bersama staff Pemkot Tangerang Selatan sekaligus membuka acara kampung Ramadhan 2019. dalam sambutannya, Airin berpesan agar acara tersebut harus disesuaikan dengan kondisi bulan puasa, tidak menggangu aktifitas ibadah warga sekitar parigi baru.

“Saya ingat persis bagaimana Dinas LH dan Dinas PU juga sudah mengangkat sampah, tapi masyarakat disini masih saja membuang sampah ke situ, padahal kita tau persis, kita hanya punya 7 situ salah satunya adalah Situ Parigi, ini peta konsentrasi semula ada 9 situ namun yang 2 sudah hilang, Jangan sampai hilang lagi seperti yang lain, dan oleh karena itu saya sebagai walikota mengajak kepada masyarakat harus peduli terhadap lingkungan juga menjaga kelestarian agar alam bisa terus menjaga kita semua, melalui kolaborasi antara pelaku UKM, Seni dan budaya didalam satu acara kampung ramadhan saya meminta masyarakat dapat membantu pemerintah agar lebih peduli lingkungan,” ujarnya.

“Airin menambahkan, dengan mengucapkan lafadz Bismillahi rahmani rahim, acara kampung Ramadhan tahun 2019 secara resmi saya buka,” tutupnya.

Dikutip dari akun facabook, Moge Andrean, dirinya mengajak semua warga ikut menyaksikan Kampung Ramadhan.

“Yang mau cari makanan dan khas Betawi, ada juga pentas seni Islam, musik Islami dateng yak ngabuburit di Situ Parigi,” Captiyon Moge.

 

 

Reporter : Ubay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *