Jelang Idul Fitri 1440 H, Ditres Narkoba Polda Sumsel gelar razia peredaran narkoba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sumsel – Menjelang arus mudik libur Lebaran 2019, jajaran Ditresnarkoba Polda Sumsel menggelar razia gabungan TNI-Polri dengan sasaran narkoba di Terminal Karya Jaya Kertapati Palembang dan Terminal Alang Alang Lebar Km 12 Palembang, Selasa (28/5).

Razia ini, melibatkan 100 personel dari Ditresnarkoba, Bid Dokkes, Bid Propam, Ditlantas, Ditpamobit, Personel K-9, Dinas Perhubungan, dan POM DAM II/4 Palembang.

Razia dipimpin langsung oleh Dir Resnarkoba Polda Sumsel Kombes Pol Farman, didampingi Wadir Resnarkoba AKBP Amazona Pelamonia, serta para Kasubdit.

“Iya hari ini kita menggelar razia di Terminal Karya Jaya dan Terminal Alang Alang Lebar, dengan kekuatan 100 personel gabungan,” ungkap Farman.

Digelarnya razia di terminal ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran dan pengangkutan narkoba menjelang hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Ini bentuk pencegahan kami, untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah hukum Polda Sumsel,” jelasnya.

Dari pantauan, tampak petugas di Terminal Alang Alang Lebar Km 12 Palembang dan Terminal Karya Jaya Kertapati Palembang, petugas sedang memeriksa bus yang ada, baik bus yang datang maupun yang hendak berangkat.

Selain kendaraan, petugas juga melakukan tes urine terhadap sopir, kernet bus dan penumpang bus yang dilakukan oleh petugas Bid Dokkes Polda Sumsel, sedangkan kendaraan bus serta barang bawaan milik penumpang menggunakan K-9.

“Setelah kita melakukan sweeping terhadap sopir, kernet dan penumpang, dengan memeriksa badan dan barang bawaan. Kami juga melakukan tes urine terhadap sopir dan penumpang yang di duga menggunakan narkoba,” bebernya.

Masih kata dia, dari hasil pemeriksaan urine tersebut, petugas memeriksa 25 orang pria, dan di Terminal Alang Alang Lebar Palembang, petugas memeriksa 25 orang pria juga.

“Hasil urine pada 25 orang pria di Terminal Karya Jaya Kertapati Palembang, dimana 3 orang Positif dan 22 orang lagi Negatif. Sedangkan di Terminal Alang Alang Lebar Km 12 Palembang semua Negatif,” tambahnya.

Lanjut dia, 3 orang yang hasil urine nya positif, akan dilakukan proses lebih lanjut.

“Karena tidak memiliki barang bukti, ke tiga warga yang positif menggunakan narkoba akan di lakukan Assesmen untuk di rehabilitasi,” pungkasnya.

 

 

Reporter   : Adri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *