Oknum Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo diduga lakukan pungli

by -139 views

MITRAPOL.com, Kabanjahe – Adanya kutipan yang dilakukan oknum Dinas Lingkungan Hidup Kabanjahe kepada para pedagang di pasar Kabanjahe, Kabupaten Karo Sumatera Utara menuai tandatanya.

Menurut keterangan dari salah satu pedagang di Pasar Kabanjahe yang berhasil dikomfirmasi oleh awak media, menjelaskan oknum Dinas Lingkungan Hidup tersebut mengutip biaya yang dipatok sebesar Rp.2000.

Kutipan yang dilakukan oleh oknum Dinas Lingkungan Hidup berbeda dengan Perda yang dikeluakan oleh Pemkab Karo dengan No 04 tahun 2012 yang isinya penyewa kios, stan, meja dipasar dikenakan pengutipan Rp.1000.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab, Karo saat ditemui awak media menyatakan, yakin pengutipan anggotanya di lapangan Rp.2000 dan penyetoran untuk ke kas daerah untuk kec. Kabanjahe adalah Rp.300.000.

Adanya perbedaan ketentuan kutipan antara Perda yang dikeluarakan Pemkab Karo dengan kenyataan di lapangan menimbulkan tandatanya dan dugaan negatif bahwa telah terjadi pungutan liar.

Ada dugaan kolaborasi antara Plt Dinas Lingkungan Hidup dengan oknum dilapangan untuk menyalahgunakan selisih dari hasil kutipan yang dilakukan.

 

Hyskia Satria Purba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *